Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Tingkat Penerimaan Aplikasi PLN Mobile Pada PT. PLN (Persero) UP3 Meulaboh

muhammad ardiansyah, Fitri Riza Aidina, sanusi sanusi, Gendhi Haris, Nica Astrianda, Muhammad Usman

Abstract


Listrik merupakan sumber daya energi siap pakai yang tidak terlepas dari Teknologi Informasi (TI) Aplikasi PLN Mobile adalah aplikasi layanan PLN. Melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan banyak mendapatkan kemudahan diantaranya mengetahui berbagai info mulai dari transaksi token, lokasi pembayaran melalui banking terdekat, tagihan rekening listrik dan riwayat pemakaian Kwh listrik, layanan pengaduan dan keluhan dari pelanggan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerimaan pengguna menggunakan Aplikasi PLN Mobile dengan metode Technology Acceptance Model (TAM), untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan keguanaan terhadap penerimaan pengguna aplikasi PLN Mobile pengguna sistem informasi aplikasi PLN Mobile pada pelanggan PT. PLN. (Persero) UP3 Meulaboh. Berdasarkan  hasil penelitian menunjukan bahwa secara determinasi diperoleh hasil penerimaan aplikasi PLN Mobile terhadap kemudahan dan kegunaan sistem informasi aplikasi PLN Mobile dengan metode TAM pada PT. PLN (Persero) UP3 Meulaboh termasuk katagori sangat setuju pada manfaat yang dihasilkan oleh sistem informasi aplikasi PLN Mobile sebesar 98,50%. Sedangkan 1,50% berada pada kategori tidak setuju.  Secara kuantitatif variabel  kemudahan aplikasi PLN Mobile dengan metode TAM pada PT. PLN (Persero) UP3 Meulaboh (Perceived Easy Of Use) secara individu sangat berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pengguna sistem informasi aplikasi PLN Mobile. Besarnya pengaruh untuk variabel kemudahan dan kegunaan terhadap penerimaan pengguna sistem informasi aplikasi PLN Mobile hanya sebesar 0,965 atau 96,50%. Sedangkan hubungan antara keduanya sebesar 0,982  atau 98,20%. Jadi nilai ini menunjukan bahwa kemudahan sistem informasi aplikasi PLN Mobile mempunyai hubungan yang sangat tinggi terhadap penerimaan pengguna sistem informasi aplikasi PLN Mobile. 


Full Text:

PDF

References


(1) Adnan, 2022. An Analysis of the Factors Affecting Online Purchasing Behavior of Pakistani Consumers. International Journal of Marketing Studies, Vol. 6 No. 5. Halaman. 134-147

(2) Agustina, Heny. 2017. Penggunaan Teknologi Informasi, Kemudahan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Bank Syariah Mandiri). Jurnal Manajemen Kinerja. Vol. 3. No. 1. Halaman. 18–29.

(3) APJII, 2022. Laporan Survei Internet APJII. Jurnal Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Vol. 8. No. 5. Halaman 1–146.

(4) Azzaki, 2023. Efektivitas Aplikasi PLN Mobile dalam Memberikan Informasi Terkait Pemadaman Listrik Oleh PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Lima Puluh Kota. Jurnal Teknologi dan Informasi. Vol. 1. No. 2. Halaman. 291-298.

(5) Darma, 2023. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2). Jakarta: Guepedia.

(6) Ghozali, 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Press Undip: Semarang.

(7) Hamzah, 2023. Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem Informasi. Vol. 5 No. 2. Halaman. 215- 227.

(8) Jaya, Indra. 2019. Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

(9) Kadir Triwahyuni, 2020. Pengenalan sistem informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

(10) Mulyono, 2022. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pelanggan PLN ULP Banyuwangi Kota Terhadap Aplikasi PLN Mobile. Jurnal Teknik Informatika. Vol. 24. No. 1. Halaman. 39-43.

(11) Nalendra, 2021. Statistika Seri Dasar dengan SPSS IBM Versi 26. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

(12) Nirmala, 2021. Statistik Dekriptif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang: Press Undip Semarang.

(13) Paramita, 2022. Analisis Kemanfaatan dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Manajemen Surat dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada PT. XYZ Surabaya. Jurnal Teknik Informatika. Vol. 3. No. 2. Halaman. 216- 221.

(14) Putra, 2023. Analisis Penerimaan Aplikasi Ubersocial dengan Menggunakan Technology Acceptance Model di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau. Jurnal Teknik Informatika. Vol. 3 No. 2. Halaman 1-14.

(15) Pratama, 2018. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Press Informatika.

(16) Purwanto, 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: Staia Press.

(17) Rifkhan, 2022. Membaca Hasil Regresi Data Panel. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

(18) Sangadji Sopiah, 2018. Persepsi dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi Offset.

(19) Syafrizal, 2024. Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier dan K-Nearest Neighbor. Jurnal Sistem Informasi. Vol. 4. No. 1. Halaman.10-19.

(20) Setyo Wibowo, 2019. Sistem Informasi Manajemen Edisi Revisi. Yogyakarta: Press UPP STIM YKPN Yogyakarta.

(21) Sulistyowati, 2023. Strategi Peningkatan Penggunaan Inovasi Digital PLN Mobile oleh Konsumen Unit Layanan Pelanggan Tulung Kabupaten Klaten dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem Informasi. Vol. 1. No. 1. Halaman. 1-12.

(22) Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

(23) Surachman. 2018. Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Terpadu Versi 3 di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM). Jurmal Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Vol.3. No.1. Halaman. 116-124.

(24) Saniyah, 2018. Analisis Penerimaan Aplikasi Field Service Operation (Fso) Mobile Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus : PT PLN (Persero) Rayon Kota Bandung). Tugas Akhir Teknik Informatika. Program Sarjana. Universitas Pasundan Bandung.

(25) Suyono, 2022. Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish

(26) Syachbana, 2016. Sistem Informasi Akademik Berbasis Multimediapada Lembaga Pendidikan Palembang Technology. Jurnal Teknologi dan Informatika. Vol.1. No. 2. Halaman 113-124.

(27) Takkel, 2024. Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PELNI Mobile Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknologi Terapan. Vol. 8. No. 3. Halaman. 1921-1930.

(28) Teguh, 2023. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Aplikasi Yantek Mobile dengan Metode Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Jurnal Teknik Informatika. Vol. 19. No.1. Halaman. 42-50.




DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v4i2.11342

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License