Pengembangan Game Edukasi 3D Berbasis Perhitungan Aritmatika Matematika

irham ilmayudra, Ryan Setiawan, Rahmat Sufri

Abstract


Perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar dalam pendidikan, termasuk pemanfaatan perangkat Android sebagai media pembelajaran interaktif. Salah satu bentuk inovasinya adalah game edukasi yang tidak hanya menghibur, tetapi juga membantu proses belajar secara menarik. Matematika, khususnya aritmatika dasar, sering dianggap membosankan oleh anak-anak karena metode pengajaran yang kurang interaktif. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan game edukasi 3D berbasis Android bernama Penembak Cerdas, yang mengusung konsep First Person Shooter (FPS) sebagai sarana belajar aritmatika. Game ini dibuat menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan Unity sebagai game engine, Blender untuk pembuatan model 3D, dan bahasa pemrograman C#. Dalam permainan, pemain mengendalikan karakter yang menembak kotak berisi jawaban dari soal aritmatika yang ditampilkan. Jawaban benar akan menambah poin dan melanjutkan ke soal berikutnya, sedangkan jawaban salah mengurangi nyawa. Jika nyawa habis, permainan berakhir. Pengujian menunjukkan bahwa game ini dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar, dengan tampilan yang ramah anak serta sistem umpan balik langsung yang memudahkan pemahaman konsep. Game ini diharapkan menjadi media pembelajaran inovatif untuk matematika dasar.


Full Text:

PDF

References


Enjelita, O., Oktaviana, D., & Ardiawan, Y. (2023). Pengembangan Game Edukasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Software Construct 2 terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. JagoMipa, 3(1), 1–12.

Adrillian, H., Nizaruddin, N., & Aini, A. N. (2023). Pengembangan Game Edukasi Matematika Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 72–81.

Dinyka, F. C., Widyadara, M. A. D., & Mahdiyah, U. (2023). Game Edukasi Penghitungan Aritmatika Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 6(1), 45–52.

Wiryaningtyas, R. K., Adamura, F., & Astuti, I. P. (2023). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Negeri 1 Geger. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3192–3204.

Itqan, M. S. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Aritmatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 123–130.

Rachma, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(8), 506–516.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58.

Zamsiswaya, Z., Syawaluddin, S., & Syahrizul, S. (2024). Pengembangan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 46363–46369.

Tasmiyah, T., Rusmawati, R. D., & Suhari, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Materi Stoikiometri dengan Model ADDIE. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9799–9805.

Rinawan, R. B., Mustofa, Z., & Anggraini, Y. (2023). Tahap Development dalam Metode ADDIE Pengembangan Bahan Ajar berbasis Mobile. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 3(2).

Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Model ADDIE Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and Development, 12(1).

Putra, B. D., & Dahlan, S. S. (2023). Pengembangan Pelatihan Pertanian Berbasis Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Jurnal Eboni, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v4i2.12370

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License