Perancangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 24 Meulaboh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis Android sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri 24 Meulaboh. Perkembangan teknologi digital mendorong inovasi pembelajaran, namun tantangan infrastruktur dan akses di daerah seperti Meulaboh masih menghambat pemanfaatan media pembelajaran interaktif. AR hadir sebagai solusi potensial untuk menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik dan kontekstual, khususnya dalam penguasaan kosakata dan konsep bahasa Inggris. Metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall digunakan dalam penelitian ini, dengan Unity sebagai software utama untuk pengembangan sistem, Blender untuk pemodelan objek 3D, dan Vuforia sebagai engine AR. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 di SD Negeri 24 Meulaboh. Pengujian fungsionalitas aplikasi dilakukan melalui Black Box Testing, sementara peningkatan hasil belajar siswa dievaluasi menggunakan Uji N-Gain dan Paired Sample t-Test. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris secara interaktif.
Full Text:
PDFReferences
Zulkifli, dkk., "Penggunaan AR dalam Media Pembelajaran," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 10, no. 2, pp. 45-53, 2025.
Borg, W.R., & Gall, M.D., Educational Research: An Introduction, 5th ed., Longman, New York, 1989.
Hake, R.R., "Analyzing Change/Gain Scores," Journal of Statistics Education, vol. 7, no. 2, pp. 1-5, 1998.
Hariyono, A., "AR Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital," Jurnal Pendidikan, vol. 12, no. 1, pp. 20-28, 2023.
DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v4i2.12941
Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934 I DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License







