Sistem Pengenalan Citra Wajah Menggunakan Metode Eigenface dengan Visual Studio

sanusi sanusi, Alfaizun Alfaizun, Mahyuddin Mahyuddin

Abstract


Pengenalan wajah seseorang biasanya hal yang mudah dilakukan oleh manusia. Akan tetapi, bagaimana jika yang melakukannya sebuah sistem, tentu tidak semudah yang dilakukan oleh manusia. Apalagi pada masa sekarang ini sistem pengolahan data berbasis pengenalan citra wajah secara otomatis telah berkembang pesat, hal tersebut karena tingginya permintaan untuk sistem identifikasi pada instansi atau institusi tertentu untuk mencari data melalui pengenalan wajah agar lebih cepat. Peneliti merancang dan mengimplementasikan aplikasi pengenalan wajah agar dapat digunakan pada instansi atau suatu kelompok yang bersifat rahasia untuk kepentingan mencari data seseorang menggunakan metode Eigenface dengan algoritma Principal Component Analysis (PCA) pada sistem pengenalan wajah. Jumlah citra wajah yang digunakan sebanyak 52 citra. Selanjutnya citra tersebut dilakukan pra-proses untuk mengambil pola wajahnya saja, lalu normalisasi dengan PCA yang selanjutnya mengambil nilai egenface dari hasil PCA untuk digunakan saat pelatihan dan pengujian pengenalan wajah. Pada percobaan pertama menggunakan 3 (tiga) sampel pada setiap 1 (satu) sampel terdiri dari 10 foto wajah. Hasil pengujian diperoleh bahwa percobaan pertama mendapatkan keakurasian 93,33%.


Full Text:

PDF

References


Brigida. Komponen Sistem Pengenalan Pola. http://informatika.web.id/komponensistem-pengenalan-pola.htm. 2012.

N.W. Marti. Pemanfaatan GUI dalam Pengembangan Perangkat Lunak Pengenalan Citra Wajah Manusia menggunakan Metode Eigenfaces, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 1907-502, Yogyakarta, 2010.

A. Budi, Suma’inna, H. Maulana. Pengenalan Citra Wajah Sebagai Identifier Menggunakan Metode Principal Component Analysis (PCA). Jurnal Teknik Informatika Vol. 9, No. 2, Oktober 2016

D. Putra, W. Hermawan. Sistematika Biometrika: Konsep Dasar, Tekhnik Analisis Citra dan Tahapan Membangun Aplikasi Sistem Biometrika, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.

S. Fahmi, I.G.P.S, Wijaya, Pengenalan Wajah Untuk Sistem Kehadiran Menggunakan Metode Eigenface dan Euclidean Distance,” J-COSINE, vol. 2, p. 67, 2018.

M.R, Muliawan, B. Irawan, Implementasi Pengenalan Wajah dengan Metode Eigenface Pada Sistem Absensi, Sist. Komputer. Untan, vol. Vol.3 No.1, p. 42, 2015.

M. Turk, A. Pentland. Face Recognition Using Eigenfaces. http://www.cs.ucsb.edu/~mturk/Papers/m turk-CVPR91, 1991.

A. S. Yeri Sutopo, Statistik Inferensial. Yogyakarta: Cv. Andi Offset, 2017.

M. R. Faisal, Seri Data Science: Klasifikasi dengen Bahasa Pemrograman R. Banjarmasin: M. Reza Faisal, 2017.

Indra. Sistem Pengenalan Wajah Dengan Metode Eigenface Untuk Absensi Pada PT. florindo lestari. Jakarta: Universitas Budi Luhur. 2012.




DOI: https://doi.org/10.35308/.v1i1.5432

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +6285260929615
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License