Pengembangan Website Jurnal Teknologi Informasi sebagai Media Publikasi Artikel Ilmiah

sanusi sanusi, Muhammad Ardiansyah, Imam Ahmad, Muhammad Usman, Kana Saputra S

Abstract


Jurnal Teknologi Informasi (JTIf) dalam pengelolaan media publikasi jurnal ilmiah masih perlu adanya pengembangan dari segi tampilan media publikasi itu sendiri, serta web jurnalnnya masih ada yang belum sesuai dengan standar Open Journal System (OJS). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komuniasi, internet menjadi salah satu faktor utama pendorong perkembangan website Jurnal sebagai media publikasi artikel ilmiah. Website jurnal tentu saja dapat diakses melalui jaringan elektronik yang mana jaringan ini merupakan kumpulan jaringan-jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengembangan website jurnal JTIf yang sesuai dengan standar Open Journal System (OJS). Hasil yang telah dicapai dari pengembangan adalah website jurnal ilmiah sudah berstandar OJS dalam bentuk web portal jurnal ilmiah dalam bidang Teknologi informasi yang memiliki beberapa fitur seperti manajemen jurnal dan manajemen editor dan reviewer, menu sidebar, dan poster pengguuuna. Kesimpulan dari pengembangan website jurnal JTIf dapat membantu pihak pengelola web portal dalam melakukan pengelolaan jurnal yang akan dipublikasikan.

Full Text:

PDF

References


P. Dana, Hamdani, K.M. Dyna, “Rancang Bangun Website Jurnal Ilmiah Bidang Komputer (Studi Kasus: Program Studi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman),” Jurnal Informatika Mulawarman. Vol. 10, No. 2, September 2015, hal. 28-29.

T. Deuling, “Aptana Studio Beginner’s Guide,” Birmingham: Packt Publishing. 2013.

P. Pendidikan and D. A. N. Pelatihan, “Pengenalan Open Journal System Madika Pusat Pendidikan Dan Pelatihan,” Madika Media Inf. dan Komun. Diklat Kepustakawanan, vol. 5, no. 1, pp. 95–106, 2019.

A. Kadir, “Pemrograman Web Mencakup,” HTML, CSS, Java Script, dan PHP. Yogyakarta: Andi. 2002.

Madcoms, “Teknik Mudah Membangun Website dengan HTML, PHP & MySQL,” Yogyakarta : Andi. 2009.

A. Supriyanto, “Pengantar Teknologi Informasi,”. Jakarta : Salemba Infotek. 2005.

I.D. Yulia, “Open Journal System (OJS) Untuk Mengelola Publikasi Ilmiah,” Jurnal Pustakawan Indonesia Vol. 10 No. 2. 2010.

Y. W, I. Riadi, and A. Yudhana, “Analisis Deteksi Vulnerability Pada Webserver Open Journal System Menggunakan OWASP Scanner,” JURTI, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2018.

A. Ikhwan, Handoko, “Jurnal Online dengan Open Journal System,” LPTIK Universitas Andalas, 2011.




DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v2i1.7595

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +6285260929615
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License