Analisa Pengujian Sistem Informasi Website E-Commerce Bali-Store Menggunakan Metode Black Box Testing

Ulia Saputra, Nica Astrianda, Bagas Ramadhan Nasution, Ade Arya Anggara, Rara Syifa Qaisa, Ana Elvia Jakfar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja dan kualitas aplikasi web e-commerce vape bali-store melalui pengujian blackbox Alpha dan Beta. Pengujian Alpha dilakukan untuk memverifikasi kinerja optimal dan mendeteksi kemungkinan kesalahan atau bug pada aplikasi sebelum diujikan kepada pengguna sebenarnya. Pengujian Alpha melibatkan beberapa prosedur pengujian, seperti pengujian menu utama, halaman pesanan dll. Selanjutnya, pengujian Beta dilakukan untuk menguji kesiapan aplikasi sebelum diluncurkan kepada pengguna sebenarnya. Fokus pada pengujian Beta adalah mengevaluasi pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi. Evaluasi dilakukan melalui kuisioner yang menggunakan skala penilaian Likert. Hasil pengujian Alpha menunjukkan bahwa aplikasi web ecommerce vape store beroperasi dengan baik dan tidak ditemukan adanya kesalahan atau bug yang signifikan. Sementara itu, hasil pengujian Beta menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan penilaian positif sebesar 95% terhadap kualitas aplikasi dan pengalaman pengguna

Full Text:

PDF

References


Y. F. Achmad and A. Yulfitri, “PENGUJIAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING STUDI KASUS E-WISUDAWAN DI INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL,” 2020.

S. Hasudungan, B. Sitorus, and H. Hasugian, “E-Commerce Dengan Metode Content Management System Untuk Penjualan Pada Toko Refa Foto Copy,” 2022. [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php

Ramadhan Rifki, “PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA SPACE VAPOR STORE”.

S. Anardani and A. R. Putera, “Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNIPMA 72 ANALISIS PENGUJIAN SISTEM INFORMASI WEBSITE E- COMMERCE MANIES GROUP MENGGUNAKAN METODE BLACKBOX FUNCTIONAL TESTING.”

R. Ramadhan and I. Noovita, “Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online

Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing,” INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 2, no. 1, pp. 35–46, 2017.

M. F. Hidayat and A. Ariesta, “PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PEMASARAN PADA TOKO SOELTAN VAPOR”.




DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v2i2.7847

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +6285260929615
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License