Rancang Bangun Game Tebak Pahlawan Sebagai Media Pengenalan Pahlawan Indonesia Menggunakan Adobe Animate 2023

Rizky Alrino Murthado, Suharsono Suharsono

Abstract


Pahlawan merupakan gelar seseorang yang telah berjasa dan berjasa terhadap suatu negara atau daerah. Sebagai warga negara Indonesia kita wajib mengapresiasi jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk negara Indonesia, karena dari perjuangan para pahlawan kita kita bisa menikmati kemerdekaan Indonesia hingga saat ini. Namun belum banyak media yang dapat memberikan pengetahuan tentang pengenalan tokoh pahlawan kepada siswa sebagai generasi penerus bangsa. Salah satu cara mengenalkan pahlawan adalah melalui media permainan sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC). Media game ini dibuat menggunakan aplikasi Adobe Animate 2023 dengan Action Script 3.0. Game ini mempunyai menu materi yang berisi kumpulan biografi pahlawan yang berisi teks cerita pahlawan dan audio penjelasan serta foto-foto pahlawan. Pada menu Game, tebak nama hero berdasarkan foto atau pertanyaan yang diberikan dan terdapat penjelasan jawaban yang benar dari pertanyaan di dalam game. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode black box pengujian untuk mengetahui fungsionalitas aplikasi game yang telah dibangun. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh modifikasi telah berfungsi sesuai dengan hasil yang diharapkan sehingga aplikasi game Tepak Pahlawan dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

References


(Arsip Nasional Republik Indonesia) ANRI, “Nilai-Nilai Kepahlawanan,” Sub. Bag. Publ., pp. 5–9, 2014, [Online]. Available: www.anri.go.id

Rahmawati, “Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Luwu House Reading Community as a Social Innovation to Increase Reading Interest in Luwu Regency,” DIKLUS J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 4, no. 2, pp. 158–168, 2020.

S. Sam’ani, M. H. Qamaruzzaman, and S. Sutami, “Rancang Bangun Biografi Pahlawan Nasional Berbasis Android,” J. Ilm. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 133–143, 2020, doi: 10.35316/jimi.v5i2.892.

T. Prasetyo, H. Sanjaya, and D. Santana, “Aplikasi Game Edukatif Tebak Nama Pahlawan Nasional Indonesia (Gnpi) Berbasis Multimedia Interaktif,” Infotech J., vol. 3, no. 2, p. 236610, 2017.

G. W. Ningsih, “GAME EDUKASI SEJARAH DI INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID,” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2020. [Online]. Available: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/18731/1/Gemala Wahyu Ningsih-Saintek.pdf

T. Anggilia, “Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Tarian Daerah Kalimantan Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Multimedia Flash,” Politeknik Negeri Pontianak, 2020.

ADMINISTRATOR, “PROSEDUR GELAR PAHLAWAN,” 2019. https://www.indonesia.go.id/layanan/kependudukan/sosial/prosedur-pengusulan-gelar-pahlawan-nasional (accessed Sep. 03, 2023).

Yalinda, “Pembuatan Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android,” Universitas SUrakarta, 2014.

D. M. D. Saniriati, D. Dafik, and R. P. Murtikusuma, “Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika,” J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 4, no. 2, p. 132, 2021, doi: 10.26740/jrpipm.v4n2.p132-145.

A. Putri, “Penerapan ActionScript 3 Dalam Pembuatan Aplikasi Multiplatform Untuk Mengenal Persiapan Menghadapi Gempa Bumi,” Fak. Sains Dan Teknol. Univ. Panca Budi, Medan, pp. 1–95, 2020.

J. Sarwono, Teori dan Praktik Riset Pemasaran dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2005.

L. Husniah, B. F. Pratama, and H. Wibowo, “Gamification And GDLC (Game Development Life Cycle) Application For Designing The Sumbawa Folklore Game ”The Legend Of Tanjung Menangis (Crying Cape)”,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, vol. 3, no. 4, pp. 351–358, 2018, doi: 10.22219/kinetik.v3i4.721.




DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v3i1.9164

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License