OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH

Nabila Hilmy Zhafira, Tamitha Intassar Husen, Fitria Mandaraira, Yusnaidi Yusnaidi, Yenny Ertika

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak maret 2019 sangat berdampak pada berbagai sektor dan skala usaha. Khususnya pada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Minimnya pengetahuan mengenai lingkungan bisnis dan strategi bisnis menjadi penyebab banyaknya usaha mengalami kemunduran. Hal ini menyadarkan kita akan perlunya edukasi mengenai optimalisasi sumber daya manusia dalam pengelolaan bisnis demi menekan jumlah bisnis yang mungkin bangkrut di kemudian hari. Pertumbuhan ekonomi nasional mengalami kontraksi hingga ke titik minus 2,07 persen. Hal yang sama juga terjadi di Aceh walau sedikit lebih baik, yakni berkisar minus 0,37 persen. Oleh karena itu dibutuhkan adanya peran dari berbagai aspek terkait tanggungjawab, partisipasi, dan andil dalam penanganan dan penyelamatan bisnis di wilayah Aceh khususnya. Untuk menyukseskan hal tersebut, maka dilakukanlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait optimalisasi pengelolaan sumber daya manusia pada pelaku ushaa mikro, kecil, dan menengah di Jurong Tgk Fakinah, Banda Aceh.

Full Text:

PDF

References

Ajuba, P. B. (2015). Studi Kebijakan Mitigasi Bencana Gunung Api Berbasis Kearifan Lingkungan Di Sdn Ngablak Srumbung Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.

BNPB. (2017). Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Retrieved oktober 2018, from https://www.bnpb.go.id/

Budiarto, Putero, Suyatna, Astuti, Saptoadi, Ridwan, et al. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Yogyakarta: UGM PRESS.

Dipta, W. (2012). Memperkuat UKM Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Tahun 2015. Infokop, 1-12.

Gerintya, S. (2018, Oktober 2). Gempa dan Tsunami: Mitigasi Buruk, Kerugian Tinggi. Retrieved desember 2018, from tirto.id: https://tirto.id/gempa-dan-tsunami-mitigasi-buruk-kerugian-tinggi-c31k

Haryanti, D. M., & Hidayah, I. (2018, Juli 24). Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. Retrieved Desember 2021, from UKM INDONESIA: https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62

Hasibuan, S. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia : pendekatan non sekuler. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

M.W.Hu. (2010). SMES and Economic Growth : Entrepreneurship or Employment. ICIC Express Letters, Vol 4 No 6.

Nawawi, H. (2003). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Priambodo, S. A. (2009). Panduan Praktis Menghadapi Bencana. Yogyakarta: Kanisius.

Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). (2015). Retrieved desember 2021, 12, from Bank Indonesia: www.bi.go.id

Rusilowati, A., Supriyadi, Binadja, A., & Mulyani. (2012). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology And Society. Jurnal pendidikan fisika indonesia.

Sitharam, & Hoque. (2016). Factors affecting the performance of small and medium enterprises in KwaZulu-Natal, South Africa. Problems and Perspectives in Management, 277-288.

Spencer, L., & Spencer, S. (1993). Competence at Work : Models for Superrior. New York: John Wily & Son, Inc.

Susilo, Y. (2010). Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi Implementasi CAFTA dan MEA. Buletin Ekonomi, Vol 8 No 2.

Tambunan. (2012). Pasar Bebas ASEAN: Peluang, Tantangan dan Ancaman Bagi UMKM Indonesia. . Infokop.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.