Cerdas dan Bijak Bergaul di Era Digital

Asmaul Husna, Yuhdi Fahrimal, Akmal Saputra, Cut Asmaul Husna

Abstract


Remaja yang sadar dan akan peluang dan tantangan masa depan memerlukan pembelajaran guna mengembangkan fitrah dan potensi dasar yang telah dimiliki agar mereka merasa senang dan bangga atas dirinya sendiri sehingga ia mau belajar dan berlatih bersama teman-teman sebayanya. Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat, remaja tidak dapat mengelakkan kemajuan perkembangan media sosial. Media sosial menjadi faktor utama untuk mendapatkan informasi terkini, sarana bersosialisasi dan menjalin relasi, bahkan mampu merubah cara pandang seseorang dalam menyikapi sesuatu yang sedang terjadi. Seakan telah manampikkan faktor tatap muka, media sosial yang terfasilitasi oleh internet kini bahkan telah menjadi sarana sosialisasi dan menjalin relasi yang paling massif digunakan oleh para remaja karena dianggap tidak memiliki batasan ruang dan waktu. Namun tentu saja tidak semua remaja sadar akan peluang dan potensi yang ia miliki atas dirinya. Mereka masih memerlukan bimbingan dan arahan dari para orang dewasa guna menemukan role model sebagai acuan pembentukan identitasnya, menumbuhkan kepercayaan dan penerimaan atas dirinya, mengembangkan ketrampilan komunikasi interpersonal dan bergaul dengan teman sebayanya. Pemberian pengetahuan dan pemahaman mengenai personal branding ini tentunya dapat membantu mereka dalam menyiapkan dan meningkatkan daya saing serta kepekaan terhadap tantangan perkembangan zaman yang mengharuskan mereka untuk mampu mengembangkan kemampuan diri, memiliki gagasan cemerlang dengan metode thinking out of the box, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan memanfaatkan media sosial dan internet secara bijak.


Keywords


Internet, Komunikasi, Personal Branding, Remaja

Full Text:

PDF

References


Agriati, Siti Hafsah Budi. 2008. Perilaku Agresif Ditinjau dari Persepsi Pola Asuh Authoritarian, Asertivitas dan Tahap Perkembangan Remaja Pada Anak Binaan Lembaga Pemasyarakata Anak Kutoarjo, Jawa Tengah. Tesis.

Ali, Mohammad. 2009. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Doubtire, Dianne. 2004. Teknik Bergaul yang Efektif. Jakarta: Binarupa Aksara.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Jatmika, Sidik. 2010. Genk Remaja, Anak Haram Sejarah ataukah Korban Globalisasi. Yogyakarta: Kanisius

Mappiare, A. 2000. Psikologi Remaja. Surabaya: Bina Usaha.

Monks, F.J. dan AMP Roney. 2006. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putro, Khamim Zarkasih. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. UIN Sunan Kalijaga. Vol 17 No 1

Ruslan, Rosady. 2008. Etika Kehumasan Konsepsi & Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santrock. 2003. Adolescence. Jakarta: Erlangga

Wirawan, S. 2002. Psikologi Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
 darmabakti@utu.ac.id
 (0655) 7110535  I  +625372609407  l  +6281361335392
 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.