Literasi Digital Sebagai Penguatan Ekonomi Kreatif Kalangan Perempuan Nelayan Desa Rantoe Panjang Timur, Aceh Barat

Putri Maulina, Reni Juliani, Anhar Fazri, Burhanis Burhanis

Abstract


Kalangan perempuan nelayan di Gampong Rantoe Panjang Timur merupakan salah satu kelompok masyarakat yang dapat diberdayakan untuk pengembangan masyarakat. Salah satu aspek yang urgen untuk ditingkatkan adalah literasi digital. Literasi digital merupakan salah satu aspek yang perlu dimiliki oleh masyarakat untuk dapat menyesuaikan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Dengan adanya literasi digital, kalangan perempuan nelayan dapat memanfaatkan media digital terutama media baru sebagai sarana pengembangan perekonomian dan eksistensi diri. Peningkatan literasi digital terhadap kalangan perempuan nelayan dilakukan dengan metode sosialisasi, yaitu penekanan pada dua model: 1) Penyampaian Materi, dan 2) Focus Group Discussion. Beberapa aspek yang ditekankan pada proses sosialisasi ini adalah penekanan pada 3M (Materi, Media, Metode). Materi berkaitan dengan apa pesan atau informasi yang dapat diolah dan diterima oleh kalangan perempuan nelayan, media berkaitan dengan media apa yang dapat digunakan, dan metode berkaitan dengan cara yang paling tepat dan efektif dalam memanfaatkan media yang ada.


Keywords


Literasi Digital, Disrupsi Teknologi, Perempuan

Full Text:

PDF

References


Nasrullah,. R., (2015). Media sosial, perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Livingstone,. S., (2004). Media literacy and the challenge of new information and communication technologies. Communication

Littlejohn, W. Stephen., Foss. K.A., (2009). Encyclopedia of Communication Theory. United States of America, Sage Publications, Inc.

Kristina, A. (2010). Partisipasi Perempuan dalam Perbaikan Perekonomian Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Pamator, 3 (1), 69-75. https://doi.org/10.21107/pamator.v3i1.2404.

Koltay, T., (2011). The media and the literacies: media lietracy, information literacy, digital literacy. Journal Media, Culture & Society. 33(2). 211- 221. Diakses pada 9 Agustus 2021. DOI: 10.1177/0163443710393382.

Budiarto, D., & Maftukhatusolikhah, M. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Perspektif Gender Dan Ekonomi Islam: Studi Kasus Akses Pengusaha UMKM Perempuan Terhadap Lembaga Keuangan Syariah BMT di Palembang. I-Finance: A Research Journal on Islamic Finance, 5 (1), 34 - 45. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ifinace.v5i1.3715.




DOI: https://doi.org/10.35308/baktiku.v3i1.3353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
 darmabakti@utu.ac.id
 (0655) 7110535  I  +625372609407  l  +6282322266622
 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.