ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z

Fajar Abdi, saiful Badli, Okta Rabiana Risma, Alisman Alisman, Hartini Hartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendapatan orang tua dan penggunaan pembayaran digital terhadap pola konsumsi Generasi Z. Pesatnya perkembangan teknologi finansial telah secara signifikan meningkatkan akses terhadap transaksi non-tunai, khususnya di kalangan remaja dan mahasiswa. Kemudahan ini diyakini turut mendorong meningkatnya perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Generasi Z yang aktif menggunakan sistem pembayaran digital. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembayaran digital dan tingkat pendapatan orang tua berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap perilaku konsumtif Generasi Z, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Nilai F sebesar 45,064 mengindikasikan bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Selain itu, koefisien determinasi (R²) sebesar 0,473 menunjukkan bahwa 47,3% variasi dalam pola konsumsi dapat dijelaskan oleh model ini, sedangkan sisanya sebesar 52,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

Full Text:

PDF

References


Agust Subriana Irman, D., Studi Pendidikan Ekonomi, P., Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F., & Mulawarman, U. (2024). Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 1086–1096.

Bank Indonesia. (2025, Mei 7). Data Bank Indonesia Perkembangan Transaksi QRIS Sampai Hari Ini. RRI.co.id.

DewiLestari. (2021). Pengaruh E-Commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Onlp. Pengaruh E-Commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop, 1–90.

Hanum, N. (2017). Analisis Pengaruh Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Samudra di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2), 107–116.

Indrianawati, E., & Soesatyo, Y. (2017). Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Pengetahuan Ekonomi Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 214.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

moha, sutrinda, mahmud, melizubaida, maruwae, abdulrahim, hafid, radia, & bahsoan, agil. (2024). Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Researc, 4(1), 1432–1445.

Nur, S., & Malihah, L. (2023). Pengaruh Digital Payment dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAI Darussalam Martapura. 8, 123–134.

Rahayu, K., Mulyadi, D., & Karawang, B. P. (2023). Pengaruh Digital Payment. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 290(3), 290–298. Retrieved from

Zhou, R. (2022). Sustainable Economic Development, Digital Payment, and Consumer Demand: Evidence from China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(14).




DOI: https://doi.org/10.35308/ekombis.v11i2.12285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 EKOMBIS: JURNAL FAKULTAS EKONOMI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.