PERAN IKLAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN: KAMPANYE IKLAN GOJEK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI KOTA TANGERANG

Andres Dharma Nurhalim

Abstract


Iklan merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi mengenai barang atau jasa dari pelaku usaha kepada konsumen, informasi di dalam iklan dapat dipergunakan sebagai panduan bagi konsumen dalam memilih dan membeli barang dan jasa dengan tepat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran iklan yang dilakukan Gojek terhadap perilaku konsumen yang ada di kota Tangerang. Dalam pengambilan data pada penelitian ini penulis menggunakan kuesioner yang mana diberikan kepada responden yang berada di kota Tangerang dengan jaminan kerahasiaan, anonimitas dan kenyamanan yang menggunakan skala Likert yang dibagikan kepada 100 responden. Dalam melakukan pengambilan data terhadap penelitian ini penulis menyadari bahwa responden dalam penelitian ini belum tentu bisa memahami kalimat-kalimat yang konkirt yang ada dalam kuesioner oleh karena itu, maka penulis juga bertindak sebagai guide. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen periklanan yang paling berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen adalah manfaat produk yang merupakan manfaat yang diperoleh konsumen dengan menggunakan produk tersebut sehingga dapat menarik perhatian konsumen, menarik minat konsumen, menimbulkan keinginan terhadap produk dan pada akhirnya membuat konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut.


Full Text:

PDF

References


Blackwell, R.D., Paul, W.M. andJames, F.E. (2011), “Attributes of attitudes”, Consumer

Behavior, Thomson Press, New York, NY, pp. 235‐43.

Borden, Neil H. (1942), The Economic Effects of Advertising, Chicago: Richard D. Irwin, Inc.

Burdett, L., Smith, J., Curry, A., Gildenberg, B., & Mader, S. (2013, January 1). TheFuture

Shopper: How changing shopper attitudes and technology are reshapingretail. The Futures Company/Kantar Retail, 1-16.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management. Upper Saddle River, N.J., Pearson

Prentice Hall.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing (12th ed.). Upper Saddle River, NJ:

Prentice Hall.

Proctor, R. and M. A. Stone. 2002. Marketing Research. Great Britain: Macdonald and Evans

Ltd.

Schiffman,L.G. (1993), Consumer Behavior, Prentice Hall International, London.

Sharma J, Sharma (2009). Sales and Advertisement Relationship for Selected Companies

Operating in India.




DOI: https://doi.org/10.35308/ekombis.v0i0.3172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL EKOMBIS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.