FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELIAN BARANG SECARA ONLINE PADA KONSUMEN MUSLIM: STUDY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DI MEULABOH

Alfian Anas, Mira Maulani Utami

Abstract


ABSTRACT

The success of online shopping transaction could be achieved through anticipating the obstacles in buying and selling the product online by e-commerce company. This study is a trial to explore some restrictions in online shopping process from Muslim students’ perspective in Indonesia. Qualitative data were collected using two focus group discussion with a total of 20 participants. There are two important aspects identified which may limit Muslim consumers to purchase using online shopping. The two aspects are identified as security and product category. Some suggestions are also presented in order to eliminate the barriers of online shopping. This study could be used as a base for tailoring a better e-commerce experience among Muslim consumers in Indonesia.

Keywords: restriction, online shopping, Muslim consumer

 

ABSTRAK

Kesuksesan dari melakukan belanja secara online dapat dilihat dari sejauhmana perusahaan e-commerce mampu mengantisipasi hambatan bagi para konsumen dalam membeli dan menjual produk secara online. Studi ini mencoba untuk mengekpolarasi hambatan-hambatan yang ada dalam berbelanja online dari sisi konsumen mahasiswa Muslim di Indonesia. Data dikumpulkan secara kualitatif menggunakan dua focus group discussion dengan jumlah partisipans sebanyak 20 orang. Ada dua aspek penting yang dapat di identifikasi yang dapat membatasi konsumen dalam menggunakan belanja online, yaitu aspek keamanan dan kategori produk. Sejumlah saran juga diberikan dalam penelitian ini untuk meminimalisir hambatan dalam melakukan belanja secara online. Penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk membantu memperbaiki pengalaman dalam berbelanja online bagi para konsumen Muslim di Indonesia.

Kata Kunci: hambatan, belanja online, konsumen Muslim


Full Text:

PDF

References


Accurate.com (2021). Apa itu marketplace. https://accurate.id/marketing-manajemen/apa-itu marketplace/ (diakses pada tgl 10 April 2021).

Al-jabri, I. M., & Sohail, M. S. (2012). Mobile Banking Adoption: Application of Diffusion of Innovation Theory. Journal of Electronic Commerce Research, 13(4), 379–391.

Bahasa, T. P. K. P. (2008). Kamus bahasa Indonesia (D. Sugono, ed.). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

CNBC (2020) Data pengguna e-commerce bocor, ini bukti RI rawan cybercrime. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200706140435-37-170521/data-pengguna-e-commerce-bocor-ini-bukti-ri-rawan-cybercrime (diakses pada tgl 10 April 2021).

Creswell, J. (2013). Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California: Sage.

Fihartini, Y., & Ramelan, M. R. (2017). Dimensi persepsi resiko pada perilaku belanja online konsumen. Forum Manajemen Indonesia (FMI) Ke-9, 161–172. Semarang: Forum Manajemen Indonesia.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 9(2), 193–213.

Hasibuan, A. N., & Rambe, D. (2020). Perilaku konsumen dalam belanja online melalui perspektif gender. Mediastama, 26(1), 84–116.

Hermawan, H. (2017). Sikap konsumen terhadap belanja online. Wacana, 16(1), 136–147.

Hesse-Biber, S. N. (2010). Mixed methods research: Merging theory with practice. New York: The Guilford Press.

Japar, A. W., Immanuel, D., Saputra, I., Andreanus, S., & Surya, V. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Belanja Online Pada Masyarakat Indonesia(Studi Empiris Pada E-Commerce Indonesia). Indonesian Business Review, 2(2), 374–399.

Katadata (2020). 56% Pengguna Internet di Indonesia belum pernah bertransaksi e-commerce. https://katadata.co.id/sortatobing/digital/5e9a5191594ca/56-pengguna-internet-indonesia-belum-pernah-bertransaksi-e-commerce (diakses pada tgl 10 April 2021).

Komala, C., & Sugilar, H. (2020). Kategori dan layanan e-commerce terhadap daya beli di kalangan mahasiswa. Jurnal Benefita, 5(1), 129–139.

PWC (2020) Pandemi mengubah perilaku konsumen. https://www.pwc.com/id/en/media-centre/pwc-in-news/2020/indonesian/survei-pwc-pandemi-mengubah-perilaku-konsumen.html (diakses pada tgl 10 April 2021).

Rachmadi, K. R., Arifin, R., & Taqwiem, A. (2021). Perilaku belanja online konsumen terhadap Black Friday dan acara flash sale di Thanksgiving holiday selama pandemi covid-19 di Indonesia: Minat dan pembelian. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 12(1), 59–76.

Santoso, D. H., & Santosa, A. (2020). Covid-19 dalam ragam tinjauan perspektif. Sleman: MBrige Press.

Selviana, & Setyowati, R. B. (2019). Pengaruh sikap belanja online terhadap trust melalui mediator kepuasan pelanggan. Humaniora, 3, 58–64.

Suci, A., & Nanda, S. T. (2018). Perilaku informasi dan preferensi universitas pada generasi milenial. Jurnal Daya Saing, 4(3), 276–287.

Wahyuni, S., & Masri, E. (2020). Perlindungan hukum terhadap konsumen belanja online di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Online & Call for Papers, 91–102. Semarang: Fakultas Hukum Universitas Suryakancana.




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i2.4277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.