Hubungan Komitmen Afektif dan Kreatifitas Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Mempertahankan Bisnis Pasca Pandemi

Nabila Hilmy Zhafira, Yusnaidi Yusnaidi, Chairiyaton Chairiyaton, Tamitha Intassar Husen

Abstract


Pandemi yang menyerang sejak 2019 telah mengubah banyak aspek kehidupan, tidak terkecuali perekonomian masyarakat. Salah satu kategori masyarakat yang sangat terdampak ialah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Butuh banyak upaya dalam beradaptasi dan memeprtahankan kegiatan bisnis di masa pandemi, salah satu upaya ialah dengan kerap melakukan inovasi dan kreativitas. Kreativitas dapat ditingkatkan jika sumber daya manusianya memiliki komitmen, khususnya komitmen afektif. Pada penelitian ini peneliti menganalisa pengaruh komitmen afektif terhadap kreativitas para pelaku UMKM sebagai upaya mempertahanakan kegiatan bisnisnya. Menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner yang disebarkan pada 34 orang pelaku UMKM di Gampong Peuniti, Banda Aceh, peneliti mendapatkan hasil bahwa komitmen afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas. Namun hanya sebesar 15.8% variabel kreativitas dapat dijelaskan melalui komitmen afektif. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat banyak variabel lainnya yang bisa digunakan oleh peneliti selanjutnya dalam menganalisa faktor yang mempengaruhi kreativitas SDM.

 

Kata Kunci : Komitmen Afektif, Kreativitas, UMKM


Full Text:

PDF

References


Adriansyah, A. (2019 ). Authentic Leadership, Komitmen Afektif dan Job Resourcefulness dalam Membentuk Kreatifitas dan Kinerja Pegawai Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, 131-144.

Allen, N., J., & Meyer, J., P. 2000. The Measurement and Antecedent of Affective, Continuance, and Normative Commitment. Journal of Occupational. No. 7. Vol. 6. Hal. 118-276.

Binnewies, C., Ohly, S., & Niessen, C. (2008). Age and creativity at work: The interplay between job resources, age and idea creativity. Journal of Managerial Psychology, 438-457.

Boon, O. K., Safa, M. S., Arumugam, V. 2006. TQM Practice and Affective Commitment : A Case of Malaysian Semiconductor Packaging Organizations. International Journal of Management and Entrepreunership. Vol. 2. No. 1. Page. 37-55. Munich personal RePEc Archive

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. UGM PRESS

Camelo-Ordaz, C., Garcia-Cruz, J., Sousa-Ginel, E., & Valle-Cabrera, R. (2011). The influence of human resource management on knowledge sharing and innovation in Spain: the mediating role of affective commitment. The International Journal of Human

Hong, J., Hou, B., Zhu, K., & Marinova, D. (2018). Exploratory innovation, exploitative innovation and employee creativity: The moderation of collectivism in Chinese context. Chinese Management Studies, 268-286.

Joo, B. K., & Bennett, R. H. (2018). The Influence of Proactivity on Creative Behavior, Organizational Commitment, and Job Performance: Evidence from a Korean Multinational. Journal of International & Interdisciplinary Business Research, 1-20.

Kusumastuti, A. F., & Nurtjahjanti, H. (2013). Komitmen Afektif Organisasi Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Kepemimpinan Transaksional Pada Pekerja Pelaksana Di Perusahaan Umum (Perum) X Semarang. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 13-21.

Muthuveloo, R., & Rose, R. (2005). Typology of organizational commitment. American Journal of Applied Science, 1078-1081.

Prakoso, A. D. (2017). Pengaruh kepemimpinan otentik, komitmen afektif dan job resourcefulness pada kreativitas dan kinerja individu karyawan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret.

Semedo, A. S., Coelho, A. F., & Ribeiro, N. (2016 ). Effects of authentic leadership, affective commitment and job resourcefulness on employees’ creativity and individual performance. Leadership & Organization Development Journal, 1038 - 1055.

Sousa, C. M., & Coelho, F. (2011). From personal values to creativity: evidence from frontline service employees. European Journal of Marketing, 45(7/8), 1029-1050.

Woodman, R. W., Sawyer, J. E., & Griffin, R. W. (1993). Toward a theory of organizational creativity. Academy of management review, 293-321.

Zhou, J., & George, J. (2001). When job dissatisfaction leads to creativity: Encouraging the expression of voice. . Academy of Management journal, 682-696.




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v6i1.5391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.