Tingkat Kepuasan Generasi Z Terhadap Kualitas Layanan Mobile Banking Perbankan Syariah yang Beroperasi di Provinsi Aceh
Abstract
Pengesahan qanun lembaga keuangan syariah di Provinsi Aceh telah berdampak terhadap kondisi layanan perbankan. Regulasi tersebut hanya mengizinkan perbankan syariah untuk beroperasi di Aceh. Kondisi tersebut menyebabkan pilihan masyarakat Aceh terhadap layanan perbankan menjadi terbatas. Pilihan terhadap layanan perbankan yang terbatas menjadi tantangan tersendiri bagi para Generasi Z. Mereka membutuhkan layanan mobile banking untuk berbagai kegiatan transaksi secara digital. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi yang aktual tentang kualitas layanan mobile banking yang dirasakan oleh Generasi Z pasca pemberlakuan regulasi lembaga keuangan syariah di Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui survey pada sebanyak 168 responden yang berdomisili di berbagai kabupaten/kota di Aceh. Pendekatan Importance Performance Analysis digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat satu indikator kualitas layanan yang berada pada kuadran pertama, empat indikator masing-masing pada kuadran kedua dan ketiga dan satu indikator pada kuadran keempat. Hasil penelitian memberikan rekomendasi yang relevan bagi upaya peningkatan kualitas layanan mobile banking di masa mendatang.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, mobile banking dan Importance Performance Analysis
Full Text:
PDFReferences
Algifari. (2019). Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano (Edisi Revi). BPFE-YOGYAKARTA.
Anouze, A. L. M., Alamro, A. S., & Awwad, A. S. (2019). Customer satisfaction and its measurement in Islamic banking sector: a revisit and update. Journal of Islamic Marketing, 10(2), 565–588. https://doi.org/10.1108/JIMA-07-2017-0080
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2006). Metode Riset Bisnis. PT Media Global Edukasi.
Kaabachi, S., Ben, S., & Tais, M. (2022). Reshaping the bank experience for GEN Z in France. Journal of Marketing Analytics, 10(3), 219–231. https://doi.org/10.1057/s41270-022-00173-8
Kristina, N., & Harris, I. (2020). The Technology Acceptance Model of Mobile Payment Usage on Generation Z. Binus Business Review, 11(November), 149–156. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6394
Li, F., Lu, H., Hou, M., Cui, K., & Darbandi, M. (2021). Customer satisfaction with bank services: The role of cloud services, security, e-learning and service quality. Technology in Society, 64(July 2020), 101487. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101487
Payne, E. M., Peltier, J. W., Barger, V. A., Payne, E. M., Peltier, J. W., & Barger, V. A. (2018). Mobile banking and AI-enabled mobile banking The differential effects of technological and perceptions and behavior. Journal of Research in Interactive Marketing. https://doi.org/10.1108/JRIM-07-2018-0087
Pemerintah Aceh. (2018). Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018. Lembaran Daerah Aceh.
Raza, S. A., Umer, A., Qureshi, M. A., & Dahri, A. S. (2020). Internet banking service quality , The e-customer satisfaction and loyalty : the modified e-SERVQUAL model. https://doi.org/10.1108/TQM-02-2020-0019
Riza, A. F. (2019). Customer acceptance of digital banking in Islamic bank : Study on millennial generation. 66–74.
Sasono, I., Jubaedi, A. D., Novitasari, D., Wiyono, N., Riyanto, R., Oktabrianto, O., Jainuri, J., & Waruwu, H. (2021). The Impact of E-Service Quality and Satisfaction on Customer Loyalty : Empirical Evidence from Internet Banking Users in Indonesia. 8(4), 465–473. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no4.0465
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Binis Pendekatan Pengembangan Keahlian, Buku 2 (Keenam). Salemba Empat.
Shams, G., Abdur, M., Sarminah, R., Eeva, S., & Oikarinen, L. (2020). Exploring customer ’ s mobile banking experiences and expectations among generations X , Y and Z. Journal of Financial Services Marketing, 2017. https://doi.org/10.1057/s41264-020-00071-z
Yudi Azis, I. K. (2019). Innovation in Islamic banking towards conventional banking : a study on customer in Bandung. Int. J. Business Innovation and Research, 20(4).
DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v6i2.6287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)
Editorial Office
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
jbksm@utu.ac.id
+6282165076974 l +6285277182682
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.