Analisis Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Le Minerale versi Pesan dari Ikatan Dokter Indonesia

Muhammad Revaya, Nani Nurani Muksin

Abstract


ABSTRACT

In advertising practices in Indonesia, ethics is an important value that must be upheld by all advertisers. The Indonesian Advertising Council has realized how important ethics is in advertising to produce brilliant advertisements because of the greatness of their ideas, but adhere to ethical foundations. As one of the strategies in marketing communication activities, advertising needs to pay attention to ethics in conveying messages to the public. A special approach is needed in making advertisements to produce ethical advertisements according to the agreed terms. Therefore, this article aims to analyze violations of Indonesian Advertising Ethics found in Le Minerale advertisements. The research will discuss in depth the scenes that are considered to violate the rules of the advertising code of ethics. The research method used is a qualitative method using content analysis techniques and for the validity of the data, the researcher uses other references that are related and support this research.

 

Keywords: Ethical Violation, Advertising, Advertising Ethics, Le Minerale

 

ABSTRAK

Dalam praktik periklanan di Indonesia, etika menjadi nilai penting yang harus dijunjung tinggi oleh semua pelaku periklanan. Dewan Periklanan Indonesia telah menyadari betapa pentingnya etika dalam periklanan untuk menghasilkan iklan yang gemilang karena kehebatan gagasannya, namun berpegang teguh pada landasan etika. Sebagai salah satu strategi dalam kegiatan komunikasi pemasaran, iklan perlu memperhatikan etika dalam menyampaikan pesan ke masyarakat. Diperlukan pendekatan khusus dalam pembuatan iklan untuk menghasilkan iklan yang beretika sesuai ketentuan yang telah disepakati. Maka dari itu, artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis pelanggaran Etika Pariwara Indonesia yang terdapat pada iklan Le Minerale. Penelitian akan membahas secara mendalam adegan (scene) yang dianggap melanggar peraturan kode etik pariwara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik analasis isi dan untuk keabsahan data, peneliti menggunakan referensi lain yang berkaitan dan mendukung penelitian ini.

 

Kata Kunci : Pelanggaran Etika, Periklanan, Etika Pariwara, Le Minerale


Full Text:

PDF

References


Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2018). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications (10th Edition). Cengage Learning.

Aqsa, M., Tinggi, S., Ekonomi, I., Palopo, M., & Id, M. C. (2018). PENGARUH IKLAN ONLINE TERHADAP SIKAP DAN MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE DI KOTA PALOPO (Survei pada Pengguna Internet di Kota Palopo). Prosiding Seminar Nasional, 03(1).

Etika Pariwara Indonesia (3rd ed.). (2020). Dewan Periklanan Indonesia.

Farida, N. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. In Solo: Cakra Books (Vol. 1, Issue 1). Cakra Books.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 3.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing (17e Global Edition). Pearson Education Limited.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management (4th European Edition). Pearson Education Limited. www.pearson.com/uk

Morrisan, M. A. (2015). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana.

Octavani, R., & Paramita, S. (2019). Ria Octavani, Sinta Paramita: Tinjauan Etika Periklanan dalam Konten Kreatif (Analisis Semiotik Iklan Shopee Versi Blackpink) Tinjauan Etika Periklanan dalam Konten Kreatif (Analisis Semiotik Iklan Shopee Versi Blackpink). Prologia, 3(1), 224–230.

Rayhaniah, S. A. (2022). Komunikasi Pemasaran. OSF Preprints.

Yusnaidi, SI, M. F., & Zhafira, N. H. (2021). Konsep Dasar Etika Komunikasi Pemasaran Islam, Sebuah Pendekatan Analisis Teoritis Dalam Praktek Bisnis. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif, dan R&D. Alfabeta.

Suyanto, M. (2007). Marketing strategy top brand Indonesia. Penerbit Andi.

Wijaya, N. (2014). Analisa Efektivitas Iklan Kosmetik Wardah Dengan Menggunakan Consumer Decision Model (CDM). Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–12.

Yusnaidi, Y. (2018). Analisis Penggunaan Unsur Sensualitas Sebagai Bentuk Pelanggaran Etika Periklanan Studi Kasus Pada Iklan Televisi Pompa Air Shimizu. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v7i2.8126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.