Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Ekspor Ikan Tuna Segar pada PT. Yakin Pasifik Tuna Banda Aceh

Nurjasari Nurjasari, Teuku Amarullah, Rahmawati Rahmawati, Sri Ayu Insani

Abstract


Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan pelagisĀ  yang memiliki nilai ekonomis penting dan tersebar hampir di seluruh wilayah laut Indonesia. Nilai ekonomis ikan tuna menjadikannya sebagai komoditas utama yang berguna untuk konsumsi ikan skala local maupun ekspor. Ekspor ikan tuna segar salah satunya pada PT yakin pasifik Tuna Banda Aceh memiliki tujuan ekspor ke negara Amerika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga ekspor, jumlah produksi ikan tuna, nilai tukar rupiah (kurs) terhadap volume ekspor ikan tuna Indonesia pada PT yakin Pasifik Tuna. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Pengaruh nilai ekspor ikan tuna segar di PT. Yakin Pasifik Tuna ke Negara Amerika Serikat sangat berhubungan erat dengan Volume Ekspor Ikan Tuna Segar ke Negara Amerika Serikat. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat variabel Jumlah Produksi Ikan Tuan Segar (X1), Harga Riil Ikan Tuna Segar (X2) dan Nilai Tukar Riil Rp/US (X3) terhadap Volume Ekspor Ikan Tuna Segar ke Negara Amerika Serikat. Tingkat faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor ikan tuna segar di PT. Yakin Pasifik Tuna ke negara Amerika Serikat tahun 2022 sebesar 4,34 dan t tabel sebesar 1,833 maka nilai t hitung > t tabel (4,345 >1,833) dengan tingkat signifikan sebesar 5% yang memiliki arti pengaruh nilai ekspor ikan tuna segar di PT. Yakin Pasifik Tuna ke Negara Amerika Serikat yaitu jumlah produksi ikan tuan segar, harga riil ikan tuna segar dan nilai tukar riil Rp/US sangat berhubungan erat dengan meningkatnya volume ekspor ikan Tuna Segar ke Negara Amerika Serikat. Berdasarkan hasil yang diperoleh faktor mempengaruhi volume Ekspor Ikan Tuna Segar ke Negara Amerika Serikat di PT. Yakin Pasifik Tuna yaitu variabel harga riil Ikan Tuna Segar yang paling dominan, hal ini dilihat dari hasil nilai regresi linear berganda terbesar yaitu 8,197 pada atribut Harga Riil Ikan Tuna Segar ini memiliki tingkat kepentingan yang tinggi


Full Text:

PDF

References


Apsari, Winanti. 2011. Analisis Permintaan Ekspor Ikan Tuna Segar Indonesia di Pasar Internasional. Tesis S2 Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Alfajri Said Irsyam. Kepentingan Indonesia Mengekspor Ikan Tuna Ke Amerika Tahun 2012-2015. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Riau, 2017.

Algifari, 2013. Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Bustanul Khoifin, 2013. Analisis Determinan Permintaan Ekspor Udang Beku Indonesia Ke Uni Eropa. Skripsi Fakultas Ekonomi. UNESS: Semarang.

Ghozali, Imam. 2020. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. 2022. Data Nilai Tukar Rupiah. 2022.

Masyhuri, 2017. Ekonomi Mikro. Malang: UIN-Malang Press.

Misbahuddin, H. I. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Kedua. Bumi Aksara: Jakarta.

Mutiara, 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Tuna Kaleng ke Jepang. Skripsi S1 Fakultas Saint dan Teknologi. UIN Jakarta.

Rani, Meistika. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kepiting Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB: Bogor.

Rasul, Agung Abdul. Ekonomi Mikro Edisi Kedua. Mitra Wacana Media:Jakarta.

Sasono, Budi Herman, 2013. Manajemen Eskpor dan Perdagangan Internasional. Penerbit Andi : Yogyakarta.

Setiawan, 2011. Ekonometrika. Penerbit Andi : Yogyakarta.

Sukirno, Sadono. Makroekonomi Teori Pengantar Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Sumadhiharga, 2019. Ikan Tuna. Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI:Jakarta.

Sunarya, D. A. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Ikan Tuna Indonesia Ke Amerika Serikat. Skripsi Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2011. Uji KHI Kuadrat & Regresi untuk Penelitian. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Wahyuni, Salamah. 2014. Statistik Ekonomi dan Bisnis. UNS Press : Surakarta




DOI: https://doi.org/10.35308/jpterpadu.v4i1.8043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.