Analisis Kelayakan Ekonomi Transportasi (studi kasus project package JBN 1 Construction road Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh)

Meidia Refiyanni

Abstract


Fungsi  jalan ini merupakan infrastruktur penghubung antara Banda Aceh dengan Meulaboh. Evaluasi dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi parameter kelayakan ekonomi transportasi pada Jalan Lueng Gayo – Arongan Lambalek pada Sta 198+000 – Sta 216+000. Metode yang digunakan ialah skenario jalan dengan kondisi existing dan jalan yang
dimodifikasi dengan sistem teknologi Cakar Ayam Modifikasi (CAM) pada jalan yang sama, dan membandingkan hasil dari nilai VOC, NPV, BCR, EIRR untuk mengetahui apakah proyek JNB1 tersebut
layak serta membandingkan ke dua skenario tersebut mana yang lebih ekonomis. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai VOC dengan menggunakan persamaan yang dikembangkan PT. PCI (Pacific
Consultant International), diketahui jalan yang dimodifikasi dengan sistem teknologi Cakar Ayam Modifikasi (CAM) lebih hemat Rp. 90.170,4 dari kondisi jalan existing. Hasil perhitungan NPV, BCR,
dan EIRR pada jalan JNB1 untuk kondisi jalan existing (metode pemasangan geotextile dan geogrid serta penggunaan cerucuk khusus) dengan jalan dimodifikasi dengan sistem teknologi Cakar Ayam Modifikasi (CAM) diketahui nilai NPV,BCR, dan EIRR lebih besar pada jalan existing bila dibandingkan  pada jalan sistem teknologi Cakar Ayam Modifikasi (CAM). Kedua alternatif jalan tersebut dinyatakan layak proyek karena telah memenuhi persyaratan dimana NPV ≥ 0, BCR > 1 dan EIRR > social discount rate yang berlaku.


Full Text:

PDF

References


Amir A, 2013, Optimasi biaya pelaksanaan kontruksi jalan dengan aplikasi rekayasa nilai. Universitas Syiah Kuala.

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen PURI. 1990. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharan Jalan Kota. Jakarta:Departemen PURI.

Dirjen Bina Marga Tahun 1990, SK No. 77 (Modul 1, halaman 6) Tentang gambaran umum jalan.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun2004 Tentang Jalan.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga (1995), Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan Upr. 02.1 Tentang Pemeliharaan Rutin Perkerasan Jalan.

Dirjen Bina Marga, 1995, Petunjuk Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Kabupaten, Petunjuk Teknis No. 024/T/Bt/1995, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga.

Hardiyatmo, H.C. 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada University Press,Yogyakarta.

Martono, M 2008, Pembuatan Jalan di Atas Tanah Lunak (Rawa-rawa) Study Kasus Pembuatan Jalan Lingkar Arteri Semarang Utara, Viewed 16 February 2013, Orbit volume 4 No. 1 Maret 2008:71 - 78

M.A. Aprianoor, 2008, (PDF)Analisis Kebutuhan dan Kelayakan Ekonomi Pembangunan Jalan, eprint.undip.ac.id/18254/1/MUHAMMAD_ARIS_ APRIANOOR.pdf. Diakses pada tanggal 20 Nopember 2013.

MKJI, 1997., Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 13/PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan Jalan dan Penilikan jalan.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 06/PRT/M/2008, Pedoman Pengawasan Penyelenggaraan Pelaksanaan Pemeriksaan Kontruksi di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum.

Sekilas Tentang Lapisan Pondasi Bawah dan Pondasi atas Perkerasan jalan, 2011, viewed 17 November 2013, Available from internet .

Sofyan, M.S., Mubarak, dan Amir, A., (2013) Cost Optimation of Road Construction Project Using Value Enggineering Application Proceeding of the Aceh International Symposium on Civil Enggineering 2013. Page 155-170.

Suhendro, B dan Hardiyatmo HC 2010, Sistem Perkerasan Cakar Ayam Modifikasi (CAM) Sebagai Alternatif Solusi Konstruksi Jalan di atas Tanah Lunak, Ekspansif, dan Timbunan, Universitas Gajah Mada.

Yoder, E.J dan Witczak, M.W. 1975., Principles of Pavement Design, A Wiley –Interscience Publication, New York.




DOI: https://doi.org/10.35308/jts-utu.v2i1.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Teknik Sipil