EVALUASI TAMPANG DRAINASE DESA KUTA PADANG KABUPATEN ACEH BARAT

meylis safriani, Cut Silvia Suciatina, Fachruddin Fachruddin

Abstract


Drainase merupakan suatu sistem untuk mengalirkan air hujan. Sistem ini mempunyai peranan penting dalam menciptakan lingkungan yang baik dan sehat, apalagi di daerah berpendudukan padat seperti di perkotaan. Banjir genangan sering terjadi di Jalan Lueng Aneuk Aye Desa Kuta Padang Kota Meulaboh di setiap hujan turun dengan durasi hujan 1 jam. Evaluasi tampang drainase diperlukan untuk mengetahui kapasitas penampang drainase dan penyebab terjadinya banjir genangan. Debit banjir dianalisis dengan metode Rasional. Dari hasil analisa intensitas curah hujan rancangan dengan periode ulang 5 tahun didapat nilai 177,6 mm. Dari perhitungan kapasitas saluran drainase, terdapat 6 titik pias saluran drainase yang perlu diperlebar atau diperdalam agar tampang saluran drainase tidak terjadi luapan air hujan. Dari hasil survei di lapangan, terdapat 5 pias drainase yang diperlukan pembersihan sedimentasi agar air hujan tidak tersumbat.


Full Text:

PDF

References


Abdeldayem, S., Hoevenaars, J., Mollinga, P.P., Scheumann, W., Slootweg, R., Van Steenbergen, F., 2005. Agricultural drainage: Towards an integrated approach, Irrigation and Drainage Systems.

Arfaah, S. (2017) Evaluasi Sistem Drainase Di Jalan Barisan Indah Kecamatan Sampang Kota Sampang, @ Trisula. Available at: http://ejournal.undar.ac.id/index.php/trisula/article/view/19.

Arifin, M. (2018) Evaluasi Kinerja Sistem Drainase Perkotaan Di Wilayah Purwokerto, Jurnal Teknik Sipil. Available at: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/jts/article/view/839.

Harahap, M.A. dan, Harahap, D.S., 2021. “Evaluasi Saluran Drainase Pada Jalan Tangguk Kecamatan Medan Denai,” Jurnal Teknik Sipil.

Hardjosuprapto, M., 1998, Draianase Perkotaan Volume I, Bandung : ITB-Press

Isa, R., Kota, K. B. and Fachri, M. R. (2020) ‘Evaluasi Saluran Drainase Pada Jalan Batam , Kepulauan Riau ( Evaluation of Drainage Channel on Raja Isa Street , Batam Kota District , City of Batam , Kepulauan Riau ) Raja Isa , Kecamatan Batam Kota , Kota Batam , Kepulauan Riau ( Evaluation of Drainage’.

Jifa, A. N., Susanawati, L. D. and Haji, A. T. S. (2019) Evaluasi Saluran Drainase di Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari Kota Malang, Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan. doi: 10.21776/ub.jsal.2019.006.01.2.

Kristiadi, M. and Fairizi, D. (2015) Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa Disubdas Lambidarokota Palembang, Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan.

Tiatmodjo,B., 1993, Hidraulika Terapan, Yogyakarta : Beta Offset.

Wesli, 2008, Drainase Perkotaan, Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.35308/jts-utu.v8i2.5954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Sipil dan Teknologi Konstruksi