PERFORMANCE ANALYSIS OF BUILDING STRUCTURE ASRAMA PUTRI ACEH WEST LOAD ON KOBE EARTHQUAKE

Andi Yusra, Aulia Rahman

Abstract


Perencanaan struktur bangunan di Indonesia haruslah memiliki ketahanan yang baik dikarenakan sebagian besar wilayahnya memiliki tingkat kerawanan yang tinggi terhadap gempa.salah satunya Provinsi Aceh yang tergolong pada daerah paling rawan gempa, itulah sebabnya mengapa perencanaan struktur     yang baik sangatlah di butuhkan. Analisis dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi  kinerja  struktur  terhadap  perencanaan,  dan  membandingkan  hasil  analisis  untuk menguji daya tahan sebuah gedung dengan cara menganalisis besarnya Displacement yang terjadi pada saat berlangsungnya gempa, dengan menggunakan metode 3D nonlinear earthquake response analysis (Respon Spektrum) dan metode 3D nonlinear static push-over analysis sebagai pembanding untuk mendapatkan hasil akurasi yang baik dengan tujuan untuk mengetahui besarnya tingkat resiko yang  akan  dialami  oleh  gedung  tersebut.  Dengan  harapan  nantinya  setiap  gedung  yang  akan dibangun  atau  gedung-gedung  yang sudah lama  dan  sudah terkena  dampak bencana  gempa  di kawasan-kawasan  yang  rawan  gempa seperti  di  Aceh,  juga  dilakukan  analisis  terhadap  struktur bangunannya agar didapat bangunan yang aman,kuat, kokoh, dan tahan terhadap gempa. Dalam analisis ini gedung yang akan penulis lakukan analisis terhadap strukturnya adalah gedung Asrama Putri Aceh Barat, Komplek Asrama IPELMABAR, Lamreung Banda Aceh. Gedung tersebut telah penulis lakukan desain ulang dari 3 lantai menjadi 4 lantai guna untuk memenuhi syarat Tugas Akhir Analisis gedung.Analisis yang akan penulis lakukan menggunakan aplikasi STERA 3D dimana Perangkat lunak ini dikembangkan untuk menganalisis struktur bangunan terhadap gempa. Mudah- mudahan  dengan  aplikasi  ini  nantinya  penulis  lebih  mudah  untuk  melakukan  analisis  terhadap struktur gedung yang akan penulis lakukan analisis terhadap strukturnya.

 

Kata Kunci :     Analisis Struktur, Bangunan


Full Text:

PDF

References


Budi, A., 2011,Evaluasi kinerja seismic struktur beton dengan analisis pushover prosedur A dengan menggunakan program ETABS v 9.50. Universitas Sebelas Maret.

Clough, R.W.,and Penzien,J.,1975,DynamicsofStructures,McGraw-Hill,Inc.NewYork.

Nurdianti, U., 2013, Studi keandalan struktur gedung tinggi tidak beraturan menggunakan pushover analisis pada tanah medium. Universitas Hasanuddin

Purnomo, E.,2014, Analisis kinerja struktur pada gedung bertingkat dengan analisis dinamik respon sprektum menggunakan software ETABS v 9.50 (Studikasus : Bangunan hotel di semarang

)Universitas Sebelas Maret.

Pranata, Y.A., 2006, Evaluasi Kinerja Gedung Beton Bertulang Tahan Gempa Dengan Pushover

Analisys (Sesuai ATC-40, FEMA 356, dan FEMA 440), Jurnal Teknik Sipil, vol.3, no.1, pp. 41

– 52.

Pranata, Y. A., 2008, Kajian daktalitas struktur gedung beton bertulang dengan analisis riwayat waktu dan analisis beban doroong.Jurnal Teknik Sipil, vol.8, no.3, pp. 250 - 263.

Riski, A.D.D., 2014, Analisis Kinerja Struktur Gedung Asrama Putri Aceh Barat Terhadap Gempa

Kobe. Universitas Teuku Umar.

SNI03-1726-2002. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung dan Non

Gedung.Bandung2002.

SNI1726-2012.Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempauntuk Bangunan Gedung dan Non

Gedung. Bandung2012.

Saito, T.,2011, STERA_3D Technical Manual Ver. 3.2, Building Research Institute, Japan.




DOI: https://doi.org/10.35308/jts-utu.v1i1.721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Teknik Sipil