Upaya Penurunan Kemiskinan dan Stunting di Desa Gumpang Pekan Gayo Lues dengan Memanfaatkan Potensi Alam Sekitar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024 Universitas Teuku Umar

Awaludin -, Filda -, Nadilla -, Febriani B, Zadatul Kirami, Marwinda -, Meidia Refiyanni

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah program tahunan yang diadakan  di Universitas Teuku Umar dan STIKES Medika Seramoe Barat. Salah satu KKN Reguler yang di laksanakan di Kabupaten Gayo Lues Kecamatan Putri Betung Desa Gumpang Pekan dengan tema KKN “Penurunan Kemiskinan Ekstrim dan Stunting di Gayo Lues Berbasis Pemanfaatan Potensi Alam Lokal. Desa Gumpang Pekan memiliki 3 dusun yaitu dusun Jabo, Pekan dan Genting. Total penduduk berjumlah 828 jiwa. KKN Reguler di desa Gumpang Pekan berjumlah 6 orang Mahasiswa. Dengan hadirnya mahasiswa  KKN di desa Gumpang Pekan ini diharapkan dapat membantu dan mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran tentang mengenai pencegahan stunting, Sosialisasi makanan sehat dan seimbang serta pendidikan pralahir yang merupakan komponen penting dari gaya hidup sehat dan diajarkan tentang kebersihan diri dan lingkungan. Memberikan nasehat kepada orang tua tentang cara mencegah stunting serta penyebab, akibat dan solusinya.

Kata Kunci: KKN Reguler; Pencegahan Stunting; Penurunan kemiskinan Ekstrime


Full Text:

PDF

References


Dasmann, H. “Dampak Stunting Bagi Anak Bayi di Negara Indonesia”, The Conversation, Vol.-,no.-., hal.,-2019.

Kementerian Perancang Pembangunan Negara Nasional, “Laporan Baseline SDG tentang Anak yang ada di Negara Indonesia”, 2017.

Nugroho, M. R., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Usia Dini di Indonesia”, Jurnal Obsesi, vol.5, no.2, 2269-2276, 2021.

Puspitasari, A., Putra, W. D., & Amir, H. “Pencegahan Stunting Pada Anak Di Desa Tamangapa Kec. Ma’rang Kab. Pangkep”, Idea Pengabdian Masyarakat, vol 1., no. 1, 05-08 2021.

Muhdar, M., Rosmiati, R., Tulak, G. T., Saputri, E., & Susanti, R. W. “Peningkatan pengetahuan tentang pencegahan stunting pada wanita usia subur, ibu hamil dan ibu balita di kecamatan polinggona”, Logista-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3., no.2., 142-148, 2019.

Mediani, H. S., Nurhidayah, I., & Lukman, M. “Pemberdayaan kader kesehatan tentang pencegahan stunting pada balita”, Media Karya Kesehatan, vol. 3., no. 1., 2020.

Kuswanti, I., & Azzahra, S. K. “Hubungan pengetahuan ibu tentang pemenuhan gizi seimbang dengan perilaku pencegahan stunting pada balita”, Jurnal Kebidanan Indonesia, vol. 13., no.1., 2022.

Hamzah, B., “Gerakan pencegahan stunting melalui edukasi pada masyarakat di desa muntoi kabupaten bolaang mongondow”,JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), vol. 1., no. 4., hal. 229-235., 2020.

Choliq, I., Nasrullah, D., & Mundakir, M., “Pencegahan stunting di Medokan Semampir Surabaya melalui modifikasi makanan pada anak”, Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1., no. 1., 2020.

Astuti, S., “Gerakan Pencegahan Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang”, Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, vol. 7., no. 3, hal. 185-188, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknodimas Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar

 teknodimas@utu.ac.id
 +6282160730785  l  +6281370126894
 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 

Creative Commons License

Jurnal Teknodimas licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.