Adiksi Game Online Mobile Legend Pada Remaja

Ghina Salsa, Tarisa Yuliantini Budiman, Moch Juandi Ramdhani, Zikri Fachrul Nurhadi

Abstract


Adiksi game online merupakan sebuah fenomena yang marak terjadi dikalangan remaja, hal ini diakibatkan oleh penggunaan gadget yang berlebihan serta kurangnya perhatian dan control dari orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan betapa pentingnya komunikasi interpersonal antara anak dan orang tua dalam menghadapi fenomena adiksi game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualiatif dengan teori yang digunakan yakni teori fenomenologi karena sesuai dengan tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui sejauh mana fenomena adiksi game online pada remaja dan peran orang tua didalamnya. Fokus penelitian ini yakni pada komunikasi yang dilakukan antara orang tua dan anak dalam meminimalisir terjadinya adiksi game online pada remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Mobile Legend menjadi pelarian utama bagi remaja ketika mereka merasa bosan, tetapi juga menimbulkan hambatan dalam komunikasi interpersonal. Kurangnya pengawasan orang tua dan kurangnya komunikasi dalam keluarga dan lingkungan menyebabkan remaja merasa bebas untuk melakukan apa pun tanpa memikirkan konsekuensinya. Komunikasi interpersonal yang efektif terutama dengan orang tua, sangat penting, karena meskipun remaja mencapai usia di mana keluarga bukan satu-satunya pengaruh pada perkembangan mereka, keluarga tetap menjadi dukungan penting bagi perkembangan kepribadian mereka. Komunikasi interpersonal dalam keluarga sangat penting karena menciptakan hubungan harmonis antara anggota keluarga dan memungkinkan mereka untuk memahami keinginan dan ketidakinginan masing-masing anggota keluarga.


Full Text:

PDF

References


Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20. https://doi.org/10.34005/guidance.v17i02.1166

Annisa, N. R. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Adiksi Game Online Pada Siswa Kelas X Ma N 1 Kota Serang Tahun Ajaran 2019/2020. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(12), 17–23. https://uia.e-journal.id/guidance

Djaya, T. R. (2020). MAKNA TRADISI TEDHAK SITEN PADA MASYARAKAT KENDAL : 01(06), 21–31.

Fitrajaya, R. R., Utomo, I. P., & Handayani, L. (2022). Dampak Kesehatan Akibat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 102–113. https://doi.org/10.12928/promkes.v4i2.5651

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 211–219. https://doi.org/10.29210/127200

Kustiyani, R. (2021). Adiksi Game Online Mobile Legend Pada Anak. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(1), 24. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i1.3627

Lebho, M. A., Lerik, M. D. C., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. A. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), 202–212. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i3.2232

Mulyasanti Pande, N. P. A., & Marheni. Adijanti. (2015). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 163–171.

Putri, T. H., & Fitri, T. A. (2022). Faktor Karakteristik sebagai Prediktor Adiksi Game Online pada Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(1), 37. https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.37-44

Quispe, J. (2023). No Titleการบริหารจัดการการบริการที่มีคุณภาพใน โรงพยาบาลสังกัดกระทรวงสาธารณสุข. วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.

Rahayuningrum, D. C. (2016). Hubungan Motivasi Bermain Game Online Dengan Adiksi Game Online Pada Remaja. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 8(1), 108–113. http://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/medika/article/view/24/pdf

Rahmalia. (2016). Relationship to Addictions to Playing Online Games to Teen Self Identity. Jurnal Psikologi IO, 4(1), 10.

Ramadhan, Z. A. (2021). Adiksi Game Online dan Perilaku Menyimpang Remaja. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 5(2), 93. https://doi.org/10.30595/jssh.v5i2.11030

Syahran, R. (2015). Perilaku Yang Ditimbulkan Dari Kecanduan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 84–92.

Zuhri, A., Maulina, P., Fazri, A., Fadhillah, H., & Fikrullah, M. (2023). Peran Jurnalis Lokal dalam Peliputan Isu-Isu Deforestasi di Aceh Barat. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 39-54


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License