Pengalaman Komunikasi Interpersonal Remaja Broken Home
Abstract
Komunikasi interpersonal dalam keluarga adalah interaksi antara anggota keluarga untuk berbagi hal dan makna yang berbeda dalam keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengalaman Komunikasi Interpersonal Remaja Broken Home. Latar belakang yang telah dipaparkan, maka peneliti menemukan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana Motif Pengalaman Komunikasi Interpersonal Remaja Broken Home, Bagaimana Pengalaman Komunikasi Interpersonal Remaja Broken Home, dan Bagaimana Makna Pengalaman Komunikasi Interpersonal Remaja Broken Home. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan Teori Fenomenologi menurut Alfred Schutz dan Edmund Husserl. Hasil penelitian ini yaitu menemukan adanya motif pengalaman komunikasi interpersonal yang menjadikan remaja menjadi broken home karena kurang perhatian. Seorang remaja broken home akan dapat berdamai serta menerima situasi yang sudah menjadi takdirnya tentunya itu semua butuh waktu dan dukungan yang tepat. Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang berbeda dari setiap individunya , tetapi dengan adanya dukungan emosional, terapi, dan kesempatan untuk memperoleh pemahaman tentang diri sendiri dan pengalaman masa lalu.
Full Text:
PDFReferences
Jumapolo, K., & Astuti, D. (2015). DENGAN ANAK PEREMPUANNYA SETELAH TERJADINYA PERCERAIAN ( STUDI KASUS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DI DESA KWANGSAN ,. 19–34.
Farhan, A., Monang, S., & Batubara, A. K. (2022). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak Broken Home (Studi pada Perumahan Villa Permata Sunggal). MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 226–233. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5266
Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal Community Empowerment, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92
Ryandini, N. L., & Destiwati, R. (2021). Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak Broken Home Akibat Perceraian. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, IV(II), 39–45.
Shalahuddin, I., Faijurahman, A. N., Keperawatan, F., & Kejuruan, S. M. (2018). HUBUNGAN ANTARA SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DENGAN PERILAKU MENYIMPANG DI SMA CILEDUG AL-MUSADDADIYAH GARUT. 12(1), 38–44.
(Zuraidah, 2016)Zuraidah. (2016). Analisa perilaku remaja dari keluarga broken home. Jurnal Kognisi, 1(1), 56–63. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/view/154
(Hasanah et al., 2017)Hasanah, S., Sahara, E., Sari, I. P., Wulandari, S., & Pardumoan, K. (2017). Broken Home pada Remaja dan Peran Konselor. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003212000
(Ifdil et al., 2020)Ifdil, I., Sari, I. P., & Putri, V. N. (2020). Psychological well-being remaja dari keluarga broken home. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 35. https://doi.org/10.23916/08591011
(Khoiroh et al., 2022)Khoiroh, il, Arisanti, K., Maulidi, K. N., Genggong, H., Ilmu Pengetahuan Sosial, T., & Zainul Hasan Genggong, U. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Desa Liprak Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. 5(2), 86–90. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar
(Musafiri et al., 2021)Musafiri, M. R. Al, Nur, M., & Dewi, K. (2021). COPING STRES ANAK KORBAN BROKEN HOME ( STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PUTRI UTARA ). I(1), 54–66.
(Detta et al., 2017)Detta, B., Abdullah, S. M., Detta, B., & Abdullah, S. M. (2017). DINAMIKA RESILIENSI REMAJA DENGAN KELUARGA BROKEN HOME DYNAMICS OF ADOLESCENT RESILIENCE WITH THE BROKEN HOME FAMILY Keluarga merupakan kelompok pembimbing dalam mengembangkan usia untuk mendapatkan teman di luar Berfungsinya peran sebuah keluarga sosial . 19(2), 71–86.
(Rahayu & Astuti, 2022)Rahayu, S. F., & Astuti, N. W. (2022). Keluarga Broken Home Pemicu Aksi Kenakalan Remaja. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.26877/empati.v9i1.10583
(Wardani, 2021)Wardani, A. K. (2021). Kebahagiaan Anak Broken Home. Pendidikan Tambusai, 5(3), Pendidik. Tambusai.
(Rahman Wahid et al., 2022)Rahman Wahid, Yusuf Tri Herlambang, Ani Hendrayani, & Sigit Vebrianto Susilo. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1633. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2397
(Fathonah et al., 2020)Fathonah, D., Hendriana, H., & Rosita, T. (2020). GAMBARAN SELF ESTEEM SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMAN 1 Ciwidey. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(4), 129. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i4.5788
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: I e-ISSN: 2807-7989 DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License