Analisis Data dan Visualisasi Interaktif Kecanduan Media Sosial pada Siswa Menggunakan Python dan Streamlit

Dimaz Aidil Firdaus, Sasriadi Bachtiar Farid, Ahmad Ghozi Darmawan, Khalid Khalid

Abstract


Perkembangan pesat penggunaan platform digital di lingkungan pelajar memicu keprihatinan serius terhadap efeknya pada kesejahteraan psikologis dan pencapaian pendidikan, sehingga studi ini dirancang untuk mengeksplorasi korelasi antara frekuensi pemakaian media sosial, indikator ketergantungan, stabilitas emosional, dan hasil belajar melalui pendekatan metodologis yang mengadopsi teknik kuantitatif deskriptif diperkaya representasi data dinamis memanfaatkan Python dan Streamlit dengan sumber data dari repositori Kaggle berjudul "Students' Social Media Addiction Dataset" yang mencakup parameter durasi harian bermedia sosial, preferensi platform, tingkat adiksi, kondisi psikologis, dan indikator akademik. Antarmuka analitik interaktif dikembangkan melalui platform Streamlit guna memfasilitasi eksplorasi data mandiri yang hasilnya mengungkap hubungan terbalik antara kuantitas aktivitas digital dengan kualitas kesehatan mental dan output pembelajaran dimana WhatsApp dan Snapchat teridentifikasi sebagai aplikasi dengan potensi adiktif tertinggi sementara LINE dan LinkedIn menunjukkan pengaruh kurang signifikan sehingga temuan ini menggarisbawahi urgensi literasi digital dan penguatan regulasi diri dalam berinteraksi dengan platform digital sekaligus menawarkan instrumen strategis bagi institusi pendidikan, keluarga, dan pemangku kebijakan dalam melakukan identifikasi dan mitigasi dampak negatif media sosial

Full Text:

PDF

References


Y. N. Prameswari, “HUBUNGAN GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL DENGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA NEGERI 3 KOTA SERANG,” JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE, vol. 5, no. 1, pp. 114–125, Feb. 2025, doi: 10.47080/joubahs.v5i1.3903.I.S. Jacobs and C.P. Bean, “Fine particles, thin films and exchange anisotropy,” in Magnetism, vol. III, G.T. Rado and H. Suhl, Eds. New York: Academic, 1963, pp. 271-350.

P. Rahmah, M. Putri, and A. S. Utami, “Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Media Sosial pada Remaja,” Jurnal Keperawatan Jiwa, vol. 11, no. 4, p. 859, Aug. 2023, doi: 10.26714/jkj.11.4.2023.859-866R. Nicole, “Title of paper with only first word capitalized,” J. Name Stand. Abbrev., in press.

Abdul Latif Syafwan and Nurussakinah Daulay, “Pengaruh Stres Akademik Terhadap Kecanduan Media Sosial Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling,” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 7, no. 03, pp. 441–449, May 2023, doi: 10.31316/gcouns.v7i03.4624M. Young, The Technical Writer’s Handbook. Mill Valley, CA: University Science, 1989.

S. Suharsono, “Visualisasi Data Dari Data Ketidakhadiran Mahasiswa Menggunakan Pemrograman Python,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, p. 103, Nov. 2023, doi: 10.35308/jti.v2i2.8336.

Y. Galahartlambang, T. Khotiah, dan Jumain, "Visualisasi Data Dari Dataset COVID-19 Menggunakan Pemrograman Python," Jurnal Ilmiah Intech, vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.umus.ac.id/index.php/intech/article/view/417

F. A. Santosa, “Visualisasi Data Sebagai Layanan Perpustakaan dalam Membantu Pertumbuhan Ekonomi,” Pustakaloka, vol. 14, no. 2, pp. 216–233, Dec. 2022, doi: 10.21154/pustakaloka.v14i2.4354.

G. A. Syafarina and Z. Zaenuddin, “Implementasi Framework Streamlit Sebagai Prediksi Harga Jual Rumah Dengan Linear Regresi,” METIK JURNAL, vol. 7, no. 2, pp. 121–125, Dec. 2023, doi: 10.47002/metik.v7i2.608.

Rommi Kaestria, Elok Faiqotul Himmah, and Rio Irawan, “Penerapan Matplotlib dalam Visualisasi Data untuk Analisis Hubungan Penggunaan Gadget dan Hasil Belajar,” Journal of Digital Business and Information Technology, vol. 1, no. 1, pp. 29–39, Jun. 2024, doi: 10.23971/jobit.v1i1.204.

D. Meliyana and K. Latifah, "Pengelolaan dan Visualisasi Data pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati," in Prosiding Seminar Nasional Sains dan Rekayasa (SENSERA), vol. 7, no. 1, pp. 388–395, Jun. 2023. [Online]. Available: https://proceeding.unisnu.ac.id/index.php/saintek/article/view/884

HIMASIS, “Materi: Visualisasi Data dalam Bentuk Aplikasi Web menggunakan Streamlit Python Politeknik STMI Jakarta,” Himasis Politeknik STMI Jakarta. Accessed: Jun. 10, 2025. [Online]. Available: https://himasis.org/artikel/339-materi-visualisasi-data-dalam-bentuk-aplikasi-web-menggunakan-streamlit-python




DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v4i2.12442

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License