Business Process Maturity Model pada Penerapan Sistem Pemenuhan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Abstract
Dalam menghadapi peningkatan permintaan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dinamis, organisasi perlu merespon dengan meningkatkan kecepatan dan kualitas sistem pemenuhan layanan TIK. Permasalahan yang terjadi di dalam penerapan sistem pemenuhan layanan TIK adalah kurangnya proses penilaian tingkat kematangan dan evaluasi yang dilakukan oleh suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi penerapan sistem pemenuhan layanan TIK melalui penilaian tingkat kematangan menggunakan pendekatan Business Process Management (BPM). BPM menjadi pendekatan strategis untuk mengoptimalkan kinerja sistem pemenuhan layanan TIK melalui integrasi dengan pengelolaan proses bisnis. Metode yang digunakan adalah penilaian menggunakan Business Process Maturity Model (BPMM), dengan mengukur tingkat kematangan pada 7 faktor pada organisasi yakni strategic alignment, governance, methods, information technology, people, dan culture. Penelitian ini memiliki keterbaruan dalam hal penilaian tingkat kematangan penerapan sistem pemenuhan layanan TIK dengan pendekatan BPM yang hingga saat ini masih jarang dibahas pada penelitian dengan topik yang terkait, khususnya di Indonesia. Pada penelitian selanjutnya, dapat dilakukan kajian untuk mempertajam dalam hal pembuatan strategi, untuk mengingkatkan kualitas dari sistem pemenuhan layanan TIK.
Full Text:
PDFReferences
N. I. Putri, Y. Herdiana, Y. Suharya, and Z. Munawar, “Kajian Empiris Pada Transformasi Bisnis Digital,” 2021.
R. Fajriah and A. Wibowo, “Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 2019 dan VAL IT,” Jurnal Ilmiah FIFO, vol. 13, no. 2, 2021.
A. Gažová, Z. Papulová, and D. Smolka, “Effect of Business Process Management on Level of Automation and Technologies Connected to Industry 4.0,” in Procedia Computer Science, Elsevier B.V., 2022, pp. 1498–1507. doi: 10.1016/j.procs.2022.01.351.
M. Dumas, · Marcello, L. Rosa, J. Mendling, and H. A. Reijers, “Fundamentals of Business Process Management,” 2018.
E. Giacosa, A. Mazzoleni, and A. Usai, “Business Process Management (BPM): How complementary BPM capabilities can build an ambidextrous state in business process activities of family firms,” Business Process Management Journal, vol. 24, no. 5, pp. 1145–1162, Aug. 2018, doi: 10.1108/BPMJ-07-2017-0211.
M. Froger, F. Bénaben, S. Truptil, and N. Boissel-Dallier, “A non-linear business process management maturity framework to apprehend future challenges,” Int J Inf Manage, vol. 49, pp. 290–300, Dec. 2019, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.013.
L. A. Sincorá, M. P. V. de Oliveira, H. Zanquetto-Filho, and M. Z. Alvarenga, “Developing organizational resilience from business process management maturity,” Innovation and Management Review, 2023, doi: 10.1108/INMR-11-2021-0219.
A. K. Darmawan and A. Dwiharto, “Pengukuran Capability Level Kualitas Layanan E-Government Kabupaten Pamekasan Menggunakan Framework COBIT 5.0,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 93, Apr. 2019, doi: 10.29407/intensif.v3i2.12659.
P. Hawa and R. Valiant Salomo, “READINESS OF DIGITALIZATION SERVICES FOR ELECTRONIC-BASED GOVERNMENT SYSTEMS IN AGENCY FOR THE ASSESSMENT AND APPLICATION OF TECHNOLOGY (BPPT),” Restorica : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi, 2020, doi: 10.33084/restorica.v5i2.
A. A. Bouty, M. Hidayat Koniyo, and D. Novian, “THE EVALUATION OF ELECTRONIC BASED GOVERNMENT SYSTEM USING E-GOVERNMENT MATURITY MODEL (CASE IN GOVERNMENT OF GORONTALO CITY),” Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 2019.
A. R. Do Nascimento, R. de L. Baldam, L. Costa, and T. de P. Coelho Junior, “Applications of business governance and the Unified BPM Cycle in public credit recovery activities,” Business Process Management Journal, vol. 26, no. 1, pp. 312–330, Jan. 2020, doi: 10.1108/BPMJ-11-2017-0317.
G. Doebeli and T. De Bruin, “An organizational approach to BPM: The experience of an australian transport provider,” in Handbook on Business Process Management 2: Strategic Alignment, Governance, People and Culture, Second Edition, Springer Berlin Heidelberg, 2015, pp. 741–760. doi: 10.1007/978-3-642-45103-4_31.
G. D. Kerpedzhiev, U. M. König, M. Röglinger, and M. Rosemann, “An Exploration into Future Business Process Management Capabilities in View of Digitalization: Results from a Delphi Study,” Business and Information Systems Engineering, vol. 63, no. 2, pp. 83–96, Apr. 2021, doi: 10.1007/s12599-020-00637-0.
J. David Patón-Romero, M. T. Baldassarre, M. Rodríguez, and M. Piattini, “Maturity model based on CMMI for governance and management of Green IT,” IET Software, vol. 13, no. 6, pp. 555–563, Dec. 2019, doi: 10.1049/iet-sen.2018.5351.
J. Straková, I. Rajiani, P. Pártlová, J. Váchal, and J. Dobrovič, “Use of the value chain in the process of generating a sustainable business strategy on the example of manufacturing and industrial enterprises in the Czech Republic,” Sustainability (Switzerland), vol. 12, no. 4, Feb. 2020, doi: 10.3390/su12041520.
U. Awan, R. Sroufe, and K. Bozan, “Designing Value Chains for Industry 4.0 and a Circular Economy: A Review of the Literature,” Sustainability (Switzerland), vol. 14, no. 12, Jun. 2022, doi: 10.3390/su14127084.
T. De Bruin, Q. Health, and M. Rosemann, “Towards a Business Process Management Maturity Model,” 2005. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/27482324
DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v4i2.12659
Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934 I DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License







