Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Penerima Program Bantuan Keluarga Miskin (PBKM) Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process)

sanusi sanusi, Andri Teja Kusuma, Juniana Husna

Abstract


Program Bantuan Keluarga Miskin (PBKM) adalah program pemerintah dalam mengentaskan kemiskin dalam bentuk bantuan dan pemberdayaan masyarakat miskin. Proses pemilihan warga dalam penerima PBKM dari pihak Desa Karang Anyar Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh selama ini masih menggunakan cara konvensional, sehingga cara tersebut setelah diamati sering terjadi permasalahan yaitu kriteria-kriteria warga yang disurvei tidak sesuai dengan ketentuan yang diharapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Menentukan Penerima Program Bantuan Keluarga Miskin (PBKM) Menggunakan Metode AHP (Analitical Hierarchy Process). Metode perancangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode waterfall dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Kriteria yang digunakan berupa ekonomi keluarga, jumlah keluarga, pekerjaan kepala keluarga dan beban daya listrik. Hasil penelitian diperoleh bahwa aplikasi yang telah dibangun dapat memberikan kemudahan bagi pihak pemerintahan Desa dalam menentukan penerima bantuan dengan cara cepat, sistematis, terstruktur dan terarah serta dapat memudahkan kinerja petugas dalam menghasilkan laporan keputusan penerima bantuan keluarga miskin pada kantor Desa Karang Anyar Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, “ Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2022”. Berita Resmi Statistik No 51/07/Th.XXV, Juli 2022.

W. Nofri, “Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization on The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)”. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), Volume I, Nomor 1, Oktober 2017.

Sanusi, J. Husna, “Sistem Pengambilan Keputusan Menggunakan Topsis Fuzzy MCDM untuk Pemilihan Tempat Wisata Berbasis Web”. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 4, No. 1, Februari 2018.

W. Noviandi, Iqbal, J. Husna, Safitri, Y. A, “Sistem Pakar untuk Studi Kelayakan Bisnis Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Website”. Jurnal Ristech (Jurnal Riset, Sains dan Teknologi), 3(1), 11–16. 2021.

H. Rohayani, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy”. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 5, NO. 1, April 2013

R.I. Handayani, A. Muzakir, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”. Studi Kasus PT. Vitrus Venturama. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 2018.

L. Thomas, Saaty, “Decision Making with the Analytic Hierarchy Process”. Int. J. Services Sciences, Januari 2008




DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v1i2.6216

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +6285260929615
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License