Pemberian Warna Minimum pada Peta Wilayah Kota Medan Menggunakan Algoritma Greedy
Abstract
Penelitian ini menerapkan Algoritma Greedy dalam pewarnaan graf pada peta wilayah Kota Medan berdasarkan tingkat kecamatan. Algoritma Greedy adalah metode heuristik yang akan membantu dalam mencari solusi optimal secara keseluruhan dengan membandingkan langkah per langkah. Setiap Kecamatan akan diwakilkan oleh simpul graf. Kemudian, dengan algoritma greedy akan dipilih warna yang belum digunakan oleh simpul tetangga pada setiap langkah. Proses pewarnaan tersebut terus diulang hingga seluruh simpul menerima warna. Penelitian ini menghasilkan sebuah luaran berupa pewarnaan peta wilayah kota Medan dengan 5 warna, yaitu Merah, Hijau, Biru, Ungu , dan Jingga. Pencarian minimum warna di wilayah Kota Medan menggunakan Algoritma Greedy dapat membantu dalam perancangan penggunaan lahan, alokasi sumber daya, dan penjadwalan kegiatan yang melibatkan wilayah-wilayah yang bertetangga.
Full Text:
PDFReferences
R. F. S. Dimas Aji Pamungkas , Eduard Pangestu Wonohardjo, “Teori Graph, Sejarah Dan Manfaatnya,” mti.binus.ac.id, 2018. https://mti.binus.ac.id/2018/03/05/teori-graph-sejarah-dan-manfaatnya/ (accessed May 18, 2023).
A. M. Nasir, Faisal, and Dedy Setyawan, “Optimalisasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Teori Pewarnaan Graf,” Prox. J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 57–69, 2022, doi: 10.30605/proximal.v5i1.1398.
R. R. Nasution and P. Sitompul, “Aplikasi Pewarnaan Graf Pada Penyusunan Jadwal Mata Kuliah Jurusan Matematika Di Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan,” Karismatika, vol. 6, no. 2, pp. 11–29, 2018.
H. M. Afifah, I., & Sopiany, “Pewarnaan Graf Pada Peta Menggunakan Algoritma Greedy," vol. 87, no. 1,2, pp. 149–200, 2017.
P. Wilayah and A. Greedy, “Pewarnaan Graf Pada Peta Wilayah Kota Semarang Dengan Algoritma Greedy," Ade Ima Afifa Himayati,” pp. 9–16, 2023.
A. N. Rahma, R. Rahmawati, and Z. Zukrianto, “Aplikasi Pewarnaan Graf Pada Peta Provinsi Riau Menggunakan Algoritma Greedy,” Sq. J. Math. Math. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 41–55, 2021, doi: 10.21580/square.2021.3.1.7410.
Ardiansyah, Ferry, S., and Mateus, “Implementasi Algoritma Greedy Untuk Melakukan Graph Coloring: Studi Kasus Peta Provinsi Jawa Timur,” Jurnal Informatika, vol . 4, no.1, pp. 440-448, 2010.
M. Zalfa Jofie, S. Bahri, and A. Iqbal Baqi, “Aplikasi Algoritma Greedy Untuk Pewarnaan Wilayah Pada Peta Kota Padang Berbasis Teorema Empat Warna,” J. Mat. UNAND, vol. 9, no. 4, p. 294, 2021, doi: 10.25077/jmu.9.4.294-301.2020.
Umi., Siti A., and M, Syahriful, P, “Implementasi Algoritma Greedy Pada Pewarnaan Wilayah Kecamatan Sukodadi Lamongan,” Jurnal UJMC, vol. 6, no. 2, pp. 29-38, 2020.
B. F. Theorem, N. Saif, and M. Mussafi, “Penerapan Greedy Coloring Algorithm,” vol. XI, no. 1, pp. 19–26, 2015.
DOI: https://doi.org/10.35308/jti.v2i2.7709
Jurnal Teknologi Informasi
e-ISSN: 2829-8934 I DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License