PEMBERDAYAAN PELAKU AGROINDUSTRI EMPING JAGUNG DI GAMPONG COT KEUMUNENG KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA

Zuriani Zuriani, Martina Martina, Riani Riani

Abstract


Kelompok Wanita Tani (KWT) Bungong Seulanga selaku mitra sudah menghasilkan emping jagung sejak tahun 2018 namun sampai sekarang belum dikelola secara profesional. Hal ini diketahui dari hasil observasi dan wawancara bahwa pelaku agroindustri belum mengerti tentang analisis usaha dan juga tidak memahami tentang legalisasi usaha. Melalui Program pengabdian kepada masyarakat, tim pengabdi bertujuan untuk: (1) Memberikan pelatihan tentang analisis usaha yang terdiri dari analisis biaya produksi, penerimaan, keuntungan, tingkat kelayakan usaha (R/C ratio), dan harga pokok penjualan (HPP) yang menguntungkan agroindustri. (2) Memberikan penyuluhan tentang legalisasi usaha berupa izin usaha, izin dinkes, dan sertifikasi halal. Pelatihan dilakukan dengan cara memberikan materi dan contoh kasus kemudian diikuti dengan praktek langsung dari para pelaku agroindustri. Penyuluhan dilakukan dengan cara memberikan materi terkait dengan legalitas usaha  serta  membagikan  modul  atau  brosur  yang  berkaitan  dengan  proses legalisasi usaha. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah mitra bisa melakukan analisis usaha secara sederhana dan mengerti tentang tata cara pengurusan izin usaha mikro, izin P-IRT dan sertifikasi halal. Proses pemberdayaan berlangsung dengan baik berkat dukungan dari semua pihak.

Keywords


pelatihan, penyuluhan, analisis usaha, legalisasi usaha

Full Text:

PDF

References


Awami, S. N., Masyhuri, & Waluyati, L. R. W. (2013). Analisis usaha dan nilai tambah dari usaha pengolahan marning dan emping jagung di kabupaten grobogan. Jurnal Mediagro, 9(1), 29–39.

Badan Perencanaan Pembangunan Aceh.2015. Pengembangan Kawasan Mandiri Pangan Terpadu (Karindu) dalam Upaya Penanganan Kawasan Pangan di Aceh. Banda Aceh : BAPPEDA Aceh

Badan Pusat Statistik. 2020. Aceh Utara dalam Angka. Aceh Utara : BPS Aceh Utara.

Hatto, H., & Pellokila, Marthen.R Surayasa, M. (2018). Harga Pokok Produksi Dan Rugi Laba Pada Agroindustri Pen- Golahan Emping Jagung, Marning Jagung Dan Jagung Rasa Udang (Studi Kasus Pada IRT “X” di Kota Kupang). Media Komunikasi Agribisnis, 7(2).

Nuraeni, Y., & Sebagian, T. (2019). Perluasan Kesempatan Kerja dengan Pengembangan Agroindustri di Daerah Kantong Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) Expansion of Employment Opportunities by Agroindustry Development in Indonesian Migrant Workers Areas Indonesia termasuk salah satu negara pengi- . 8, 107–116.

Prianto, F. W. (2011). Pola Pengembangan Agroindustri yang Berdaya Saing (Studi Kasus Kabupaten Malang). Jeam, X(1), 48–71.

Purnama, C. H., Rochdiani, D., & Sudradjat. (2017). Analisis usaha agroindustri tahu (Studi Kasus Di Kelurahan Indihiang Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 198–205. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/716

Saragih, B.(2010). Agribisnis : Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian (Edisi ketiga). Bogor: IPB Press.

Sari, I. R. M., & Zakaria, Wan Abbas Affandi, M. I. (2015). Kinerja Produksi Dan Nilai Tambah Agroindustri Emping Melinjo Di Kota Bandar Lampung. JIIA, 3(1), 18–25.

Setyawan, F., & Sari, P. N. (2016). Labelling Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Agroindustri Em-ping Jagung. Jurnal Keterlibatan Masyarakat Indonesia, 1(2), 231–238. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=406800&val=8860&title=Labelling Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Agroindustri Emping Jagung Di Desa Tirtomulyo, Kretek, Bantul

Suhardiyah, M., Puspa, U., Widodo, W., & Sasmita,Y. (2020). Ekobis abdimas. 1, 45–53.




DOI: https://doi.org/10.35308/baktiku.v3i1.2903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
 darmabakti@utu.ac.id
 (0655) 7110535  I  +625372609407  l  +6282322266622
 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.