Visual Communication: Optimasi Menumbuhkan Animo Zoomer Belajar Desain Grafis dengan Realisasi Pembuatan Stempel

Al Zuhri, Deddy Satria M, Amelia Rahmah, Zulfitriani Zulfitriani, Fani Andila, Ema Ema, Hijrah Putri Ananda, Aziz Muparrizki Kaloko, Arifil Amin, Fauzul Husni, Mursyidin Mursyidin

Abstract


Desain grafis merupakan sarana untuk berkomunikasi melalui visual dalam wujud dua dimensi atapun tiga dimensi yang melibatkan prinsip-prinsip estetika. Untuk membuat karya desain bisa menggunakan Photoshop yang merupakan salah satu software yang sering digunakan desainer grafis. Penggunaan software ini sangat positif karena dapat memfasilitasi desainer menghasilkan mahakarya desain grafis buah dari pemikirannya sendiri. Photoshop tidak hanya bisa digunakan untuk pembuatan stempel, tetapi juga poster, spanduk, logo, dan jenis desain grafis lainnya. Pengabdian di sini dilakukan mengusung metode pendidikan dan pelatihan dengan instrumen ukur keberhasilannya adalah pre-test dan post-test. Sementara tahapan yang ditempuh mengikuti rentetan POAC Terry dengan mengadopsi ATM sebagai tekniknya. Adapun tujuan yang diharapkan adalah dapat mengetahui dan membekali pemahaman serta keahlian Zoomer di SMA Muhammadiyah 6 Meulaboh dalam penguasaan software Photoshop guna menghasilkan produk desain grafis. Temuan dan hasil evaluasi yang tim peroleh selama pelaksanaan menunjukkan bahwa Zoomer di sekolah tersebut memiliki ketertarikan terhadap desain grafis dengan menunjukkan antutiasme dalam mendengarkan materi yang dipaparkan dan dipraktikkan. Namun juga didapati sebagian Zoomer kurang aktif saat diskusi dan beberapa mengalami kebingungan karena belum pernah adanya sosialisasi dan pelatihan desain grafis yang dilakukan sebelumnya. Oleh karenanya, tim merekomendasi agar instens memberikan pendidikan dan pelatihan kepada mereka agar pengetahuan dan keterampilannya tumbuh.


Keywords


Pendidikan dan Pelatihan; Desain Grafis; Membuat Stempel; Adobe Photoshop

Full Text:

PDF

References


Bariqi, M. D. 2018. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 5(2), 64-69.

Casofa, F., & Isa, A. 2022. Gerbang Kreativitas: Jagat Desain Grafis. Bumi Aksara.

Kamil, M. 2003. Model-model pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mahardhika, B. 2015. Desain Grafis Periklanan untuk Promosi Wisata Pendakian Gunung Wilis Kabupaten Nganjuk (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Nugraha, F. 2020. Pendidikan dan Pelatihan: Konsep dan Implementasi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia. Litbangdiklat Press.

Pratama, A., Zuhri, A., Marsella, A. D. R., Aripin, N., Oktavinanda, G., & Sitompul, S. J. 2023. Introduksi Program Studi dan Prospek Karier Lulusan Ilmu Administrasi Negara pada Siswa SMAN 1 Sinabang. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 15-20.

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. 2013. Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. 2000. Tinjauan Desain. Penerbit Institut Teknologi Bandung. Tanpa tahun

Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. 2020. Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476-480.

Santoso, B. 2010. Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Turere, V. N. 2013. Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 10-19.




DOI: https://doi.org/10.35308/baktiku.v6i1.9282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
 darmabakti@utu.ac.id
 (0655) 7110535  I  +625372609407  l  +6282322266622
 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.