PENGARUH LIKUIDITAS, FINANCIAL LEVERAGE, PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

RINA MAULINA

Abstract


Abstracti: This study aims to determine the effect of liquidity, financial leverage, profitability on Islamic social reporting (ISR) disclosure and its impact on corporate value in Islamic public banks in Indonesia. The data used in this study are secondary data through documentation in the form of sharia banking financial statements and an overview of financial statements to determine the value of the ratio obtained from Bank Indonesia. The population of this research is Islamic public banks in Indonesia which are registered at Bank Indonesia (BI), amounting to 11 banks with a five-year research period (2012-2016) and obtained a research sample of 55 units. This study analyzes data by path analysis. The results showed that liquidity, financial leverage, profitability, were found to influence the disclosure of Islamic social reporting both jointly and partially in sharia commercial banks in Indonesia in 2012-2016. Liquidity, financial leverage, profitability, and disclosure of Islamic social reporting also affect the value of the company jointly and partially in sharia commercial banks in Indonesia in 2012-2016. Besides that, in this study Islamic social reporting disclosures were found to be able to increase the influence of liquidity, financial leverage, profitability on corporate value in sharia commercial banks in Indonesia in 2012-2016.

 

Keywords: Liquidity, Financial Leverage, Profitability, Islamic Social Reporting (ISR) Disclosure and Corporate Value.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, financial leverage, profitabilitas terhadap pengungkapan Islamic social reporting (ISR) dan dampaknya terhadap nilai perusahaan pada Bank umum syariah di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder melalui dokumentasi berupa laporan keuangan perbankan syariah dan ikhtisar laporan keuangan untuk mengetahui nilai rasio yang diperoleh dari Bank Indonesia. Populasi penelitian ini adalah Bank umum syariah di Indonesia yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) yang berjumlah 11 Bank dengan periode penelitian lima tahun (2012-2016) dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 55 unit. Penelitian ini menganalisis data dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, financial leverage, profitabilitas, ditemukan berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic social reporting baik secara bersama-sama maupun secara parsial pada Bank umum syariah di Indonesia Tahun 2012-2016. Likuiditas, financial leverage, profitabilitas, dan pengungkapan Islamic social reporting juga berpengaruh terhadap nilai perusahaan secara bersama-sama maupun secara parsial pada Bank umum syariah di Indonesia Tahun 2012-2016. Disamping itu, dalam penelitian ini pengungkapan Islamic social reporting ditemukan mampu meningkatkan pengaruh likuiditas, financial leverage, profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada Bank umum syariah di Indonesia Tahun 2012-2016.

 

Kata Kunci: Likuiditas, Financial Leverage, Profitabilitas, Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan Nilai Perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Almilia, L.S., & Herdaningtyas. (2005). Analisis Rasio CAMEL terhadap Prediksi Kondisi Bermasalah pada Lembaga Perbankan 2000-2002. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(2).

Anggitasari, Niyanti., & Mutmainah, Siti. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Structur Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Diponegoro Journal of Accounting. 1(2). 1-15.

Badjuri, Achmad. (2011). Faktor-faktor Fundamental, Mekanisme Coorporate Governance, Pengungkapan Coorporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur dan Sumber Daya Alam di Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan, 3 (1), 38-54.

Dewi, A. A. A. K., & Badjra, I. B. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Aktiva Tidak Berwujud, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6, 2161-2190.

Dipika, N. A. (2014). Pengaruh Good Corporate Governanc, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting : Studi Kasus pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2010-2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta.

Fahmi, I. (2014). Pengantar manajemen keuangan. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, Irman., & Hariyanto, Eko. (2014). Analisis Pengungkapan Kinerja Sosial (Social Disclosure) Perbankan Syariah di Indonesia dan Malaysia dalam Perspektif Islamic Social Reporting. Buletin Ekonomi, 12(1), 69-84.

Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure-An Islamic Perspective.

Indonesian Management and Accounting Research, 1, 128-146.

Maulida, Adelhita P., Yulianto, Agung., & Asrori. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Makalah Simposium Nasinal Akuntansi XVII. Mataram.

Mahendra D. J. A., Sri Artini, L. G., & Suarjaya, A. A. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(2).

Martini, P. D. (2015). Pengaruh Kebijakan Utang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 3(2).

Mufidah, Nur., & Purnamasari, Puji, E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 6 (1), 64-82.

Norawati, Harahap. (2011). Pengaruh CSR Disclosure, Kepemilikan Manajemen, dan Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas 98 Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Nurhayati, M. (2013). Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Deviden dan Nilai Perusahaan Sektor Non jasa. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol 5 (2).

Othman, R.., A. Md. Thani., E.K., & Ghani. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah Approved Companies in Bursa Malaysia, Research Journal of International Studies, 12, 4-20.

Pasaribu, M.Y., Topowijoyo., & Sulasmiyati, S. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2014. Jurnal Administrasi Bisnis, 35, 154-164.

Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage,Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1 (1), 183-196.

Putri, R. K. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2012-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 4(1), 558-571.

Putu, N.N.G.M., Moeljadi., Djumahir., & Djazuli, A. (2014). Factors Affecting Firms Value of Indonesia Public Manufacturing Firms. International Journal of Business and Management Invention, 3, 35-44.

Rahmazaniati, Linda., Nadirsyah., Abdullah, Syukriy. (2014). Pengaruh Profitabilitas dan Financial Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility serta Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Termasuk dalam Indeks Sri-Kehati yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Magister Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 3(4), 45-53.




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v0i0.1021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.