PENGARUH PROFITABILITAS DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

LINDA RAHMAZANIATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan financial leverage terhadap nilai perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di BEI selama 5 tahun (2009-2013). Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 16 perusahaan. Data di proses dengan menggunakan balanced panel data. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan financial leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Financial Leverage

 


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, Dwi dan Kurnia. 2013. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi sebagai Variabel Antara. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol 1, No.1: 37-57.

Barakat, Abdallah. 2014. The Impact of Financial Structure, Financial Leverage and Profitability on Industrial Companies Shares Value (Applied Study on a Sample of Saudi Industrial Companies). Research Journal of Finance and Accounting. Vol 5, No.1: 55-66.

Brigham, E. dan J. Houston. 2012. Fundamentals of Financial Management. Sevent edition. Mason, OH: South-Western.

Fuad, M., C. Handayani, Nurlela, Sugiarto, dan Paulus. 2006. Pengantar Bisnis. Edisi Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Haque, Samina. dan M. Faruquee. 2013. Impact of Fundamental Factors on Stock Price: A Case Based Approach on Pharmaceutical Companies Listed with Dhaka Stock Exchange. International Journal of Business and Management Invention. Vol 2, No 9: 34-41.

Hermuningsih, Sri. 2013. Pengaruh profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Publik di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan: 127-148.

Jusriani, I. F. dan S. N. Rahardjo. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, Vol 2, No.2: 1-15.

Kohansal, M. R., A. Dadrasmoghaddam., K. M. Karmozdi. dan A. Mohseni. 2013. Relationship between Financial Ratios and Stock Prices for The Food Industry Firms in Stock Exchange of Iran. World Applied Programming. Vol 3, No. 10: 512-521.

Ogolmagai, Natalia. 2013. Leverage Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Manufaktur yang Go Publik di Indonesia. Jurnal EMBA. Vol 1, No.3: 81-89.




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v3i2.1385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.