PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INFRASTRUKTUR, UTILITAS, TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

RINA MAULINA

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap financial distress dan dampaknya terhadap nilai perusahaan sub sektor infrastruktur, utilitas, transfortasi yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, model analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan pada jalur pertama profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap financial distress perusahaaan sub sektor infrastruktur, utilitas, transfortasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pada jalur kedua profitabilitas dan financial distress secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaaan sub sektor infrastruktur, utilitas, transfortasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

           

Kata Kunci:  Profitabilitas, Financial Distress, Nilai Perusahaan.

 

 


Full Text:

PDF

References


Almilia, L. S. dan Kristijadi. (2003). Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia 7(2): 183-206

Anggitasari, Niyanti, 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Struktur Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro. Vol. 1, No. 2, pp.1-15. Semarang.

Ardiyanto, F. D. (2011). Prediksi Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI 2005-2009. Skripsi. Program studi manajemen Fakultas ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang

Bastomi, Mohamad (2015) Analisis Prediksi Financial Distress Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervining: Studi Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Brahmana, (2007). Dasar-dasar Manajemen Keuangan.Edisi Kesepuluh. Salemba Empat: Jakarta.

Brigham and Houston (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan.Edisi Kesepuluh. Salemba Empat: Jakarta.

Dendawijaya (2003). Pengaruh kepemilikan Konstitusional, Aktiva Berwujud, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaaan dalam Industri Barang Konsumsi di BEI”.Jurnal Manajemen. Tahun XII No.02 Juni 2008. Hal 139 -150.

Hanifah, O. E. (2013). Pengaruh Struktur Corporate Governance dan Financial Indicators Terhadap Kondisi Financial Distress (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat di BEI Periode 2009-2011). Skripsi. Program studi akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang

Hermuningsih. S (2012) Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sruktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Sisat Bisnis, Vol 16. No 2: 232-242.

Mas’ud Masdar (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Dan Hubungannya Terhadap Nilai Perusahaan. Manajemen dan Bisnis, Vol 7, No1:82-93.




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v3i2.1386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.