Pengaruh Aset Tetap terhadap Harga Saham pada Perusahan yang terindeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia

SARI MAULIDA VONNA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, aset tetap, pertumbuhan penjualan terhadapfinancial leverage serta dampaknya terhadap harga saham. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 yang terdaftar di BEI selama 5 tahun (2010-2014). Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 15 perusahaan.Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis path. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan aset tetap berpengaruh positif terhadap harga saham, sedangkan pertumbuhan penjualan dan financial leverage berpengaruh negatif terhadap harga saham. profitabilitas berpengaruh negatif terhadap financial leverage, sedangkan aset tetap dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap financial leverage. Dan financial leverage tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas, aset tetap, dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham.

 

Kata kunci:Aset Tetap, Harga Saham.


Full Text:

PDF

References


Chen, Li-Ju dan Shun-Yu Chen. 2011. The Influence of Probability on firm values with capital structure as mediator and firm size and industry as moderators. Investment Management and Financial Innovations. Vol. 8, Issue 3.

Domeika, P. 2008. Creation of the Information System of Enterprise Fixed Asset Accounting. Inzinerine EkonomikaEngineering Economics. No.5, 7-15.

Faruquee, Murtaza Fa and Haque, Samina. 2013. Impact of Fundamental Factors on Stock Price: A Case Base Approach on Pharmaceutical Companies Listed with Dhaka Stock Exchange. International Journal of Business and Management Invention, Vol. 2, No. 9, pp. 34-41.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2006. Dasar Dasar Manajemen Keuangan. Edisi kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Liwang, Florencia Paramitha. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perusahaan Yang Tergabung Dalam LQ45 Periode Tahun 2006-2009. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.

Mahapsari, Nunky dan Abdullah Taman. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal.Volume 2 Nomor 1: 137:158.

Sekaran, Uma. 2007.Metode Penelitian untuk Bisnis. Buku dua, Edisi Keempat, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Swaramarinda, Darma Rika dan Susi Indriani. 2011. Pengaruh Pengeluaran Konsumsi dan Investasi Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Econo Sains. Vol. 9, No 2.

Vonna, Sari Maulida, Islahuddin dan Said Musnadi. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Aset Tetap, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Financial Leverage serta dampaknya terhadap Harga Saham Pada Perusaahn yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Magister Akuntansi Pascasarjan Universitas Syiah Kuala. Vol. 5, No. 1




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v3i2.1387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.