PENGARUH STANDAR AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABLE MODERASI

Yunita marasabessy, Muslim muslim

Abstract


Pemerintah kota Ambon selama tahun 2017-2019 mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK, walaupun sudah mendapat opini WTP tetapi ada beberapa catatan yang diberikan seperti masih lemahnya sistem pengendalian intern dalam penyusunan laporan keuangan serta permasalahan peraturan perundangan dalam pengelolahan keuangan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh standar akuntansi berbasis akrual terhadap kualitas laporan keuangan dengan sistem pengendalian intern pemerintah dan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh entitas akuntansi pada lingkungan OPD Kota Ambon, sampel dalam penelitian ini adalah 76 orang yaitu pejabat pengelola keuangan dan bendahara pada organisasi perangkat daerah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab. Pengujian menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan pendekatan SEM (Struktur Equation Modeling). Hasil penelitian yang diperoleh standar akuntansi berbasis akrual berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan, sistem pengendalian intern pemerintah tidak dapat memoderasi hubungan antara standar akuntansi berbasis akrual terhadap kualitas laporan keuangan, begitupun dengan komitmen organisasi tidak dapat memoderasi hubungan standar akuntansi berbasis akrual terhadap kualitas laporan keuangan.

Keywords


standar akuntansi berbasis akrual, SPIP,komitmen organisasi, kualitas laporan keuangan

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, M. S. K. (2014). Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik.

BPK. (2018.). Ikhtisar Hasil Pemeriksaan (IHPS) I tahun 2018.

Christanti, D. N. (2013). Pengaruh akuntansi berbasis akrual dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan. Tesis UNIKOM.

Dina, F. S., & Papilaya, F. (2016). Interaksi komitmen organisasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, VOL.VII, N, 100–116. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/jies.v7i2.506

Mayang Wulandari. (2018). Pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Solo).

Mutiana, L., Diantimala, Y., & Zuraida. (n.d.). Pengaruh sistem pengendalian intern, teknologi informasi kualitas sumber daya manusia dan komitmen organisasi terhadap kualitas laporan keuangan (Studi pada satker di lingkungan kementrian agama kabupaten aceh utara).

Panji Papat Adhitama, Suratno, E. S. (2019). Analisis determinan kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah dengan sistem pengendalian internal sebagai variabel moderasi. http://103.75.102.195/index.php/ekobisman/article/view/285/200

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis Bandung. Alfabeta.

Syaiful. (2014). Warta Pengawasan. XXI(3):44-47.

W Abdillah, Y. H. (2015). Partial Least Square (PLS): alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijayanti Ratna, N. H. (2017). Pengaruh kompetensi SDM dan implementasi akuntansi akrual terhadap kualitas laporan keuangan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), Volume 6,.




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v4i2.2688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.