PENGARUH PENGALAMAN DAN PENGETAHUAN AUDIT TERHADAP HASIL AUDIT INTERNAL

nani vera verawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman dan pengetahuan Audit terhadap hasil audit internal pada Inspektorat Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah pemeriksa internal sebanyak 20 orang dengan mengunakan metode sensus. Data dianalisis dengan mengunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama pengalaman dan pengetahuan audit berpengaruh terhadap hasil audit internal. Kemudian pengalaman berpengaruh terhadap hasil audit internal dan pengetahuan audit berpengaruh terhadap hasil audit internal pada Inspektorat Kabupaten Aceh Besar.

Keywords


pengalaman, pengetahuan audit, hasil audit internal

References


Badan Pemeriksa Keuangan Perwkilan Aceh. (2015) Siaran Pers Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Dharmawan, N.A.S. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan pengalaman Pemeriksa terhdap Kualitas Hasil Pemeriksaan (Studi Empiris pada Inspektorat kabupaten Klungkung dan karangasen). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 4, 1450-1470.

Futri, P.S., dan Juliarsa, G. (2014) Pengaruh Independen, Profesionalisme, Tingkat Pendidikan, Etika profesi, pengalaman, dan Kepuasan Kerja Pemeriksa pada Kulitas Audit (Studi empiris pada Pemeriksa KAP di Bali). e-jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 7,444-461.

Ghozali, I. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hidayat. R., Andres., & Ilham, E. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja, Etika, Integritas, dan Motivasi terhadap Kualitas Audit (Studi empiris pada pemeriksa BPKP provinsi Riau). Jurnal JOM FEKON, 1,1-13.

Hutabarat, G. (2012). Pengaruh Pengalaman Time Budget Pressurre dan Etika Pemeriksa terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmiah ESAI, 6, 1-15.

Indayani, P.I., Sujana, E., & Sulindawati, N.I.G.E (2015). Pengaruh Gender, Tingkat pendidikan Formal, dan Penglaman Kerja Auditor terhadap Kulitas Audit ( Studi empiris pada kantor Inspektorat kota denpasar, Kabupaten Bandung dan kabupaten Buleleng). Jurnal Akuntansi Universitas pendidikan Ganesa, 3.

Kusumyanti, P.T., Herawati, N.T., & Sulindawati, N.L.G.E. (2014). Pengaruh Akuntabilitas, pengetahuan Audit, dan Jenis Kelamin terhadap Hasil Kerja Auditor Internal (Studi pada Badan Inspektorat Buleleng dan Kabupaten Bengkali). Jurnal Akuntansi Universitas pendidikan Ganesa, 2.

Peraturan Badan Pemeriksa keuangan, Nomor 1 Tahun 2007 tentang “Standar Pemeriksa Keuangan Negara”

Peraturan Menteri Dalam Negeri, Nomor: 8 tahun 2009. Tentang “Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2007 tentang pedoman Tata Cara pengawasan Atas penyelengaraan Pemerintahan Daerah”.

Riani, F. (2013). Pengaruh Pengetahuan Audit, Akuntabilitas, dan Independensi terhadap Kualias Hasil Kerja Pemeriksa Internal (Studi Empiris pada Pemeriksa BPK-RI Perwakilan Wilayah Sumbar). Padang: Universitas Negeri Padang.

Salsabila, A., & Prayudiawan, H. (2011). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan Audit, dan Jenis Kelamin terhadap Kualitas Hasil kerja Pemeriksa internal (Studi empiris pada Inspektorat Wilayah Propinsi DKI Jakarta) Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi,4,1,, 155-175.

Sekaran, U. (2006) Metode Penelitian Untuk Bisnis. Buku 1, Edisi ke-4 Jakarta: Salemba Empat.

Undang-undang No. 15 thun 2004. Tentang “Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara”.




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v4i1.2776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.