PENGARUH HUTANG TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN AGRIKULTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

sari maulida vonna

Abstract


Saham merupakan salah satu alternatif dalam berinvestasi. Seiring perkembangan zaman, semakin banyak yang tertarik untuk berinvestasi pada saham. Oleh sebab itu calon investor harus sangat memperhatikan harga saham perusahaan pada pasar modal sebelum memutuskan berinvestasi pada perusahaan tertentu. Naik turunnya harga saham diakibatkan oleh banyak hal, diantaranya adalah  nilai hutang yang dimiliki perusahaan. Perusahaan dengan nilai hutang yang besar identik sebagai perusahaan yang besar pula, karena diasumsikan perusahaan tersebut memiliki aset atau ekuitas yang tinggi yang dapat menjamin hutang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hutang terhadap harga saham. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan agrikultur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama dua tahun yaitu tahun 2017 dan tahun 2018. Perusahan yang diteliti adalah perusahaan agrikultur yang selama dua tahun berturut-turut listing di Bursa Efek Indonesia dan tidak mengalami kerugian. Pemilihan populasi dengan menggunakan metode sensus dan diperoleh sebanyak 15 perusahaa. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi, sedangkan untuk sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu yang berasal dari laporan keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, yang berarti semakin tinggi hutang yang dimiliki perusahaan maka semakin rendah harga saham perusahaan tersebut, demikian juga sebaliknya.


Keywords


hutang, harga saham, perusahaan agrikultur

Full Text:

PDF

References


Brealey, Richard A, Stewart C. Myers, dan Alan J. Marcus. (2007). Dasar-dasar manajemen keuangan perusahaan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. (2011). Dasar–dasar manajemen keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Fahmi, Irham. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung:

Alfabeta.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. (2006). Dasar dasar manajemen keuangan. Edisi kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Jogiyanto. (2008). Teori portofolio dan analisis investasi. Edisi Lima. Yogyakarta: BPFE.

Keown, Arthur J., Martin, John D., Petty, J. William dan Schott, David F. JR. (2010). Financial management: principles and application. Ninth Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Liestyana, Reyna Ayu dan Handoyo Mardianto. (2009). Intisari manajemen keuangan. Jakarta: Grasindo.

Mahapsari, Nunky dan Abdullah Taman. (2013). Pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal. 2 (1), 137-158. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pandansari, Fillya Arum. (2012). Analisis faktor fundamental terhadap harga saham. Accounting Analysis Journal I (I).

Prasetyo, Andri. (2013). Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011. April 4, 2014. http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/2013/09/JURNAL-Andri-Prasetyo-090462201030-Akuntansi-2013.pdf.

Riantani, Suskim, Tantra Hartaya, dan Alfiah Hasanah. (2011). Analysis of debt to equity ratio and return on assets and its effect to closing price of the mining industry listed in BEI. ASEAN Conference Scientific and Social Science Research: Malaysia.

Sari, Devi Verena dan Mulyo Haryanto. (2013). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhanaset, ukuran perusahaan, struktur aktiva dan likuiditas terhadapstruktur modal pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2010. Diponegoro Journal of Management, 2 (3), Tahun 2. Universitas Diponegoro.

Sartono, Agus. (2010). Manajemen keuangan teori dan aplikasi. Yogyakarta: BPFE

Van Horne, James C & John M. Wachowic. (2009). Prinsip-prinsip manajemen keuangan. Edisi keduabelas. Jakarta: Salemba Empat.

Zaki, Muhammad, Islahuddin, M. Shabri. (2017). Pengaruh profitabilitas, Leverage Keuangan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonsia Periode 2005-2014 Banda Aceh: Jurnal Megister Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala pp 58-66.




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v4i1.2830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.