PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SYSTEM APPLICATIONS AND PRODUCTS IN DATA PROCESSING (SAP) TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT.PUPUK ISKANDAR MUDA

mulia andirfa, Hikalmi Hikalmi, Neo Agustina

Abstract


System Application and Product in Data Processing terhadap kinerja manajerial pada PT Pupuk Iskandar Muda Lhokseumawe merupakan penggunaan teknologi informasi akuntansi yang sangat penting peranannya dalam sebuah perusahaan, enterprise resource planning dengan menggunakan software system application and product in data processing. Perusahaan manufaktur yang mampu meningkatkan efisiensi dari sistem informasi akuntansi dengan menghasilkan kinerja yang mampu meningkatkan efisiensi dari sistem informasi akuntansi yang efektif dan efisien. System application and product in data processing pada bulan april tahun 2016 hasil evaluasi kinerja PT Pupuk Iskandar Muda dilihat dari indikator menunjukkan adanya peningkatan dan penurunan.  Hal ini tergambar daru laporan key performance indikator tahun 2015 sebesar 81,45% dan terjadi peningkatan di tahun 2016 sebesar 91,18% sedangkan di tahun 2017 mengalami penurunan sebesar 75,17%.  Penelitian ini menggunkan pendekatan deskriptif, kuantitatif berbentuk asosiatif, dengan menggunkan data primer, Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan metode random sampling dengan objek 55 orang karyawan pada PT Pupuk Iskandar Muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan system application and product in data processing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial pada PT Pupuk Iskandar Muda dan nilai koefisien derterminansi R2 menunjukkan bahwa kinerja manajerial di pengaruhi oleh system applications and product in data processing. Hasil juga menunjukkan peningkatan pada system application and product in data processing dan di ikuti dengan peningkatan terhadap kinerja manajerial.

Keywords


System Applications and Product in Data Processing, Sistem Informasi Akuntansi, Kinerja Manajerial.

Full Text:

PDF

References


Agus Dwi Seto. 2013.” Defenisi SAP”. https://AgusDwiseto.blogspot.com/2013/04/Defenisi-sap-system- application-and.(diakses 19 September 2019).

Annisa Dwi Handini .2017.”Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Sistem Infromasi Aplikasi SAP terhadap Kepuasan Pengguna dan Kinerja Individu di Kantor Pusat PT Pupuk Kalimantan Timur ”. (Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang).

Budi Firman Nias. 2015.”Pengaruh System Applications and Products in data Processing Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan pada PT Asia Paperindo Perkasa”. Jurnal Program Studi Sistem Informasi Universitas

Putera Batam.

DeLone. 2003. “Implementasi ERP pada UKM dengan Design Reality Gap Model Studi Kasus Implementasi SAP B1 di PT CP”. Jurnal Management Teknologi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Volume 13 No.3

Husda, Nur Elfi. 2012. ”Penghantar Teknologi Informasi”. Cetakan pertama. Badhuose Media, Jakarta.

Kurniawan 2012. “Pengaruh Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Kinerja Organisasi di Industri Otomotif di Indonesia”. Jurnal Manajemen Institut Pertanian Bogor, Volume 12 No.1.2013.

Murti, H., dan Sri Mulyani, V A. 2013. “Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja pada PDAM Kota Madiun JRMA”. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 10-17.

Prawiro Sentono. 1999. “Pengaruh Task-ERP Fit dan Pemanfaatan ERP Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang)”.Jurnal Ilmu Admninistrasi Universitas Brawijaa, Malang).

Sugiyono. 2012. “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D” Alfabeta, Bandung.

Suryalena. 2013. “Enterprise Resource Planning (ERP) Sebagai Tulang Punggung Bisnis Masa Kini”. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(26).




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v5i2.3927

Refbacks