PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, REPUTASI AUDITOR DAN MARKET ACTIVITY TERHADAP INTERNET FINANCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

BUDIANTO BUDIANTO

Abstract


Abstrak: Internet financial reporting (IFR)merupakansalah satu praktik pengungkapan laporan keuangan melalui internet atau media website perusahaan. IFR juga merupakan praktik pengungkapan sukarela perusahaan (voluntary disclosure). IFR sangat membantu perusahaan dalam menyebarluaskan informasi keuangan sehingga dapat mengurangi agency costdari pihak manajemen kepada pemegang saham. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris ukuran perusahaan, profitabilitas, reputasi auditor dan market activity terhadap internet financial reporting. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di BEI periode pengamatan 2016 dengan jumlah 144 perusahaan. Data diperoleh dari pusat referensi pasar modal Indonesia.Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, reputasi auditor dan market activity berpengaruh positif terhadap IFR pada perusahaan manufaktur di BEI.
Kata kunci: Internet financial reporting, pelaporan keuangan, pengungkapan sukarela, website.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v2i1.486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.