DAMPAK PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP), EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH

RINA MAULINA

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah dan efektivitas sistem kontrol internal pemerintah pada kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan konsekuensinya terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah di unit kerja Pemerintah Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas administrasi keuangan pada 48 unit kerja (SKPA) di Pemerintah Aceh. Penelitian ini menggunakan metode sensus. Sumber data penelitian ini berasal dari data primer yang diperoleh dari responden melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan standar akuntansi pemerintah berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, efektivitas sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, Implementasi standar akuntansi pemerintah memiliki berpengaruh pada akuntabilitas manajemen keuangan daerah baik secara langsung maupun tidak langsung, efektivitas sistem pengendalian internal pemerintah memiliki efek langsung atau tidak langsung pada akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah secara signifikan mempengaruhi akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.
Kata kunci: Standar akuntansi pemerintah; Sistem pengendalian internal pemerintah; Kualitas laporan keuangan pemerintah lokal; Akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v2i1.541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.