PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI PADA UNIVERSITAS TEUKU UMAR

RUSMA SETIYANA

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar Meulaboh. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif yang dilakukan pada bulan April 2018 dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua pada program studi Ekonomi Akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93% mahasiswa lebih aktif dan termotivasi dalam belajar dengan menggunakan metode Number Heads Together. Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang mampu menjawab soal bahasa inggris dengan tepat. Dengan kata lain, NHT adalah salah satu metode yang dianggap efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sehingga mahasiswa dapat terlibat dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Namun, kendala yang dihadapi oleh mahasiswa selama pembelajaran berlangsung adalah kurangnya penguasaan kosakata sehingga mereka kesulitan dalam memahami kalimat yang diberikan. Untuk itu, tenaga pengajar harus bekerja keras untuk menemukan metode pembelajaran yang sesuai dan mendukung penguasaan kosakata mahasiswa.
Kata Kunci: Metode pembelajaran; Number Head Together; Keaktifan belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v2i1.542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.