PENGARUH SUKU BUNGA DEPOSITO, INFLASI DAN PENDAPATAN PER KAPITA TERHADAP SIMPANAN DEPOSITO PADA BANK UMUM KONVENSIONAL DI PROVINSI ACEH

ROBI JAYA PUTRA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh suku bunga deposito, inflasidan pendapatan per kapita terhadap simpanan deposito pada bank umumkonvensional di Provinsi Aceh pada tahun 1997-2016. Penelitian inimenggunakan metode kuantatif. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalahdata sekunder dan time series yang diperoleh dari publikasi Badan Pusat StatistikProvinsi Aceh. Analisis regresi linear berganda dilakukan untuk uji signifikansipengaruh suku bunga deposito, inflasi dan pendapatan per kapita secara parsialdan simultan dengan simpanan deposito pada bank umum konvensional diProvinsi Aceh.Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa: (a) secara parsial suku bungatidak berpengaruh signifikan terhadap simpanan deposito pada bank umumkonvensional di Provinsi Aceh, (b) secara parsial inflasi tidak berpengaruhsignifikan terhadap simpanan deposito pada bank umum konvensional di ProvinsiAceh, (c) secara parsial pendapatan per kapita berpengaruh signifikan terhadapsimpanan deposito pada bank umum konvensional di Provinsi Aceh, (d) sukubunga, inflasi dan pendapatan per kapita secara simultan berpengaruh signifikanterhadap simpanan deposito pada bank umum konvensional di Provinsi Aceh.

Kata kunci: suku bunga, deposito, inflasi, pendapatan per kapita.


Full Text:

PDF

References


Abdullah & Tantri. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arrohmah & Soelistyo. 2010. Analisis Pengaruh Pendapatan Nasional danTingkat Suku Bunga terhadap Penghimpunan Dana Pihak Ketiga PadaBank Umum di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol 8. No 1.Juli 2010. Universitas Muhammadiyah Malang.

Evi, Natalia. 2014.Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Deposito Bank Syariah danSuku Bunga Deposito Bank Umum Terhadap Jumlah Simpanan DepositoMudharabah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Periode 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 9. No 1. April 2014. Universitas Brawijaya.

Farizi & Ridwan. 2016.Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Likuiditas dan Bagi Hasil Terhadap Deposito Mudharabah.Vol 5. No 4. April 2016. SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Gerry, Budiman. 2016. Pengaruh Suku Bunga dan Pendapatan PerkapitaTerhadap Jumlah Dana Deposito Berjangka Pada Bank Umum di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol 16. No 3. Universitas Sam Ratulangi.

Gujarati, Damodar. 2010. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, Jan Vilben. 2009. Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan PendapatanPerkapita Terhadap Jumlah Dana Deposito di Kota Madya Medan. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Universitas Sumatera Utara.

Hasibuan, Malayu. 2009. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandar, Diah. 2014. Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Inflasi, dan Kurs RupiahTerhadap Deposito Mudharabah dan Deposito Bank Konvensional Pada Perbankan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Sosial, Vol 2. No 3. Maret2014. Universitas Mercu Buana.

Kasmir. 2014. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, Mudrajad. 2015. Mudah Memahami & Menganalisis Indikator Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nachrowi, Djalal danHardius Usman. 2008. Penggunaan Teknik Ekonometrika.Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Nanga, Muana. 2008. Makro Ekonomi Teori, Masalah dan Kebijakan. Jakarta:

PTRajaGrafindo Persada.

Rasyid, Suherman. 2008. Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rosyidi, Suherman. 2009. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada TeoriEkonomi Mikro & Makro. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Siregar, Soffian. 2012. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2012. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sukirno, Sadono. 2013. Makroekonomi. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Supangat, Andi. 2010. Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensif, dan Non Parametrik. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.

Susilo, Indro. 2008. Pengaruh PDRB, Tingkat Suku Bunga Deposito dan TingkatInflasi Terhadap Jumlah Deposito Berjangka Pada Bank Umum di JawaTimur. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Todaro, Michael, Stephen C. Smith. 2008. Ekonomi Pembangunan. Jakarta:

Erlangga.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan.




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v2i2.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.