Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengetahuan produk, Religiusitas dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal pada masyarakat kota Langsa. jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Responden berjumlah 60 orang per kecamatan dari 5 kecamatan yang ada di kota Langsa. metode penarikan sampel menggunakan metode accidental random sampling. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa religiusitas dan kelompok referensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Namun pengetahuan produk tidak berpengaruf signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Kemudian variable pengetahuan produk, Religiusitas dan kelompok referensi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Dari hasil koefisien determinasi dihasilkan bahwa 20,0 % keputusan pembelian produk berlabel halal dipengaruhi oleh pengetahuan produk religiusitas dan kelompok referensi. Sementara 80,0% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam model penelitian ini
Kata Kunci: pengetahuan produk, religiusitas, kelompok referensi, produk berlabel halal
Full Text:
PDFReferences
Agustino & Syaifullah (2020), ‘Pengaruh kualitas produk dan product knowledge terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Long Time’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 8, no. 1, hh. 627-636, https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28032.
Anwar, M K, Fahrullah, A & Ridlwan, A A (2018), ‘The problems of halal certification for food industry in Indonesia’, International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), vol. 9, no. 8, hh. 1625-1632. http://iaeme.com/Home/issue/IJCIET?Volume=9&Issue=8.
Ardiyana, M A & Maskur, A (2022), ‘Pengaruh kualitas produk label halal dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian lipstik Wardah (Studi pada remaja Muslimah di Kota Semarang)’, SEIKO: Journal of Management & Business, vol. 5, no. 2, hh. 93-103, https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2978.
Aulia, A. N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas, Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Dali, N R S M, Yousafzai, S & Hamid, A H (2019), ‘Religiosity scale development’, Journal of Islamic Marketing, vol. 10, no. 1, hh. 227-248. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2016-0087.
Dewi, R, Azis, N & Basalamah, M S A (2023), ‘Persepsi, referensi kelompok terhadap keputusan pembelian produk halal kosmetik pada Mahasiswi FEB Universitas Muslim Indonesia’, Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, vol. 12, no. 2, hh. 152–165, https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.3759.
Esa, I., Masud, F., & Gunanto, E. Y. A. (2021). Pengaruh Faktor Kesadaran Halal, Harga, Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Orichick di Kota Semarang. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(02), 283-298.
Fitria, S., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh religiusitas dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37-48.
Ghozali, I 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jannah, S M, & Al- Banna, H (2021), ‘Halal awareness and halal traceability: Muslim consumers and entrepreneurs’ perspectives’, Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, vol. 7, no. 2, hh. 285-316, https://doi.org/10.21098/jimf.v7i2.1328.
Kotler, P & Keller, K L (2016), Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 & 2, Jakarta: PT. Indeks.
Matondang, Z, Fadlilah, H & Saefullah, A 2023, ‘Pengaruh pengetahuan produk, label halal, dan harga produk terhadap keputusan pembelian kosmetik dengan religiusitas sebagai variabel moderating’, Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, vol. 5, no. 1, hh. 18-38, https://doi.org/10.24239/jiebi.v5i1.138.18-38.
Meliani, A, Kosim, A M & Hakiem, H (2021), ‘Pengaruh religiusitas, gaya hidup, dan harga terhadap keputusan pembelian produk busana Muslim di marketplace’, El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, vol. 2, no. 3, hh. 174-186, https://doi.org/10.47467/elmal.v2i3.535.
Mutiara A I, Imaniyati, N S & Zakarian, A H (2022), ‘Pencantuman label halal dalam produk UMKM tauco Cianjur menurut Undang-Undang Jaminan Produk Halal sebagai upaya perlindungan konsumen, Bandung Conference Series: Law Studies, vol. 2, no. 1, hh. 506-513, https://doi.org/10.29313/bcsls.v2i1.931.
Nasrullah, M (2015), ‘Islamic branding, religiusitas dan keputusan pembelian produk’, Jurnal Hukum Islam (JHI), vol. 13, no. 2, hh. 79-87, http://dx.doi.org/10.28918/jhi.v13i2.487.
Nugroho, A R A & Setyawan, A A (2015), Analisis pengaruh product knowledge, sikap pada produk terhadap minat beli produk Zandilac (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta), Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, https://eprints.ums.ac.id/37085/.
Peter, J P & Olson, J C (2010), Consumer Behavior & Marketing Strategy, Ninth Edition, New York: McGraw Hill.
Pramudi, R. Y. (2015). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik lokal. Jurnal riset ekonomi dan manajemen, 15(2), 280-301.
Resmawa, I N (2017), ‘Pengaruh brand image dan product knowledge terhadap purchase intention dengan green price sebagai moderating variabel pada produk The Body Shop di Surabaya’, Jurnal Aplikasi Manajemen Ekonomi dan Bisnis, vol. 1, no. 2, hh. 1-11, https://jameb.stimlasharanjaya.ac.id/JAMEB/article/view/20.
Rustandi, N., & Marlina, H. (2022). Pengetahuan Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Berlabel Halal Pada Mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Ar-Rihlah: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 2(2), 149-164.
Samsuddin, A., & Syah, S. A. M. P. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal. AZIZI: Jurnal Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Islam, 13-23.
Sugiyono (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U (2011), Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran,
Bogor: Ghalia Indonesia.
Supardin, L (2022), Pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal, JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 1, no. 1, hh. 71–82.
World Population Review 2023, Muslim Population by Country, https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country, diakses pada tanggal 12 Februari 2024.
Yoesmanam, I C (2018), ‘Pengaruh pengetahuan produk dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada kosmetik organik’, BISMA (Bisnis Dan Manajemen), vol. 7, no. 2, hh. 134–142, https://doi.org/10.26740/bisma.v7n2.p134-142.
DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v8i2.10551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)
Editorial Office
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
jbksm@utu.ac.id
+6282165076974 l +6285277182682
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.