Peran Visitor Satisfaction Memediasi Pengaruh Brand Reputation Dan Visitor Experience Terhadap Revisit Intention
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana kepuasan pengunjung dapat memperkuat pengaruh reputasi merek dan pengalaman pengunjung dalam mendorong pengunjung untuk datang kembali mengunjungi DUFAN di masa mendatang. Populasi pada penelitian ini merupakan pengunjung DUFAN yang sudah melakukan kunjungan sebanyak dua kali. Sampel yang dikumpulkan melalui metode purposive sampling berjumlah 152 responden. Kuesioner disebar antara bulan Januari hingga Maret 2025. Pendekatan analisis data yang diterapkan adalah SmartPLS. Temuan ini menunjukkan bahwa dari empat variabel yang diuji, tiga diterima dan empat ditolak. Artinya, brand reputation dan visitor experience tidak berpengaruh terhadap revisit intention, visitor experience tidak berpengaruh terhadap visitor satisfaction, dan visitor experience tidak berpengaruh terhadap visitor satisfaction melalui revisit intention. Sedangkan variabel yang berpengaruh antara lain ; brand reputation terhadap visitor satisfaction, visitor satisfaction terhadap revisit intention,dan juga brand reputation terhadap visitor satisfaction melalui revisit intention.
Full Text:
PDFReferences
Ajkiani Nurfa, Pratama Sari, D. A. (2023). Pengaruh Destination Image dan Tourist Experience terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus: Desa Wisata Ciseeng). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 769–784. https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.12
Andari, R. P, N. U. (2020). Pengaruh Destination Personality Terhadap Revisit Intention. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 165–180. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.429
Apriliani, S. Nurhayati. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga, dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Manajemen, Bisnis, 4 (November), 330–347.
Asyam Irsyadi, N., dan Andriani, N. (2024). The Influence Of Tourist Experience On Interest In Visiting Again Through Mediation Of Customer Satisfaction On The Beach Nine District Gili Genting Sumenep District. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 308–319.
Aulia, N. I. (2022). Pengaruh Harga dan Brand Reputation Terhadap Keputusan Berkunjung di Dunia Fantasi Ancol Jakarta. 9(x), 356–363.
Barella, Y. Alajaili, H. M. A. (2024). Quantitative Methods in Scientific Research. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 15(1), 281–287. https://doi.org/10.26418/j-psh.v15i1.71528
Biswas, C. Khandakar, M. S. A. (2020). Mediating effect of tourists’ emotional involvement on the relationship between destination attributes and tourist satisfaction. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 4(4), 490–510. https://doi.org/10.1108/JHTI-05-2020-0075
Exreana, M. K. … Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Benteng Resort Batu Putih. Productivity, 2(6), 511–517.
Fatimah, S., dan Mulyono, F. (2024). Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Revisit Intention. 7, 119–127. https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1342
Febriani, F., dan Siahaan, S. L. (2022). Pengaruh Daya Tarik, Aksesibilitas, dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Pengunjung di Kebun Raya Bogor. Panorama Nusantara, 17(1).
Firman Adhar Wisandiko, & Tias Andarini Indarwati. (2021). Pengaruh Destination Social Responsibility dan Destination Reputation terhadap Revisit Intention dengan Perceived Trust sebagai Variabel Mediasi di Masa Pandemi Covid-19. Pusaka : Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 3(2), 123–135. https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i2.105
Hair Jr., J. F. Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis, Multivariate Data Analysis. In Book (Eighth, Vol. 87, Issue 4). www.cengage.com/highered
Hamali, S. Ramdhani, R. (2020). The effects of supply chain information integration on organizational performance in food small industry. Management Science Letters, 10(3), 695–702. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.9.009
Harjadi, D. (2022). Minat Berkunjung Kembali Pada Sangkan Resort Aqua Park Kuningan. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 4(1), 64–78. https://doi.org/10.35829/econbank.v4i1.169
Hasudungan, R. T. (2024). Kepuasan Pengunjung yang dipengaruhi Daya Tarik Wisata dan Persepsi Harga melalui Lifestyle. 5(1), 1–8. https://doi.org/10.47065/jtear.v5i1.1474
Hidayat, L., dan Amalia, L. (2023). Creating Customer Loyalty Through Antecedents of Customer Satisfaction at Hoka-Hoka Bento Fast Food Restaurants. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(4), 939–976. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i4.3538
Hihola, G. F. Porajouw, O. (2020). Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Objek Wisata MAKATETE HILLS Desa Warembungan Kecamatan Pineleng Kabupaten MINAHASA Visitor Satisfaction Level to Tourism Attraction Makatete Hills Warembungan Village Pineleng Sub District Minahasa Regency Gledies. AGRIRUD, 1(4), 456–501.
Huang, Q. Murphy, G. C. (2020). Automating Intention Mining. IEEE Transactions on Software Engineering, 46(10), 1098–1119. https://doi.org/10.1109/TSE.2018.2876340
Juliani, dan Waryono. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Café Damar Shaker Padang Baru Universitas Negeri Padang , Indonesia. 2(3).
Juwanda, V., dan Widyastuti, D. A. (2023). Dampak Kepuasan Pengunjung sebagai Mediasi antara Hubungan Experiental Marketing terhadap Revisit Intention ( studi kasus pada pariwisata di Pantai Carocok dan Kawasan Mandeh). Management, and Industry (JEMI), 06(02), 75–94.
Khairunnisa, R. Sari, D. A. P. (2023). Pengaruh Tourist Experience Terhadap Trust, Satisfaction Dan Perceived Value Untuk Melakukan Revisit Intention. Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(12), 2546–2557.
Khasanah, A. T. uswatun Suhud, U. (2020). Pengaruh Customer Experience, Place Attachment, Customer Satisfaction, dan Word- of-Mouth terhadap Revisit Intention Konsumen Restoran Ayam Cepat Saji asal Amerika. 2507(February), 1–9.
Kurniawan Widiyasa dan Tuti, M. (2023). Increasing Revisit Intention through Visitor Satisfaction to the Indonesian National Museum. Jurnal Dinamika Manajemen, 14(2), 218–231. https://doi.org/10.15294/jdm.v14i2.41417
Kusumaningrum, dan Hurdawaty, R. (2021). Dufan (Dunia Fantasi) Ancol di Era Pandemi Covid-19. Tourism Scientific Journal, 6(2), 187–202. https://doi.org/10.32659/tsj.v6i2.133
Mahardika, R dan Pangestu, S. (2021). Eksplorasi Brand Associations Taman Hiburan di Masa Pandemi Covid-19. Kajian Branding Indonesia, 3(2), 193–221. https://doi.org/10.21632/kbi.3.2.193-221
Mei, A. Ritonga, R. (2021). Pengaruh Brand Reputation dan Brand Experience terhadap Trust in a Brand serta Pengaruhnya pada Loyalitas Pelanggan. Warta ISKI, 4(1), 44–50. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.81
Metasari, D. Rachmatullah, A. (2023). Pengaruh Keaslian Merek , Pengalaman , Motivasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi Pada Theme Park Dufan Impian Jaya Ancol Dufan Impian Jaya Ancol , atau “ Dufan ,” adalah salah satu taman di Ancol Dreamland dan tela. 28(3), 233–247.
Miran, I. Sukri, S. Al. (2021). Minat Kunjungan Kembali Ke AGROWISATA: Peran Mediasi Kepuasan Pengunjung. Jurnal Ilmiah Manajemen, 9 No. 4(4), 439–450.
Nabila, A. S., & Rubiyanti, N. (2023). Pengaruh Brand Awareness, Brand Positioning, Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 1526–1541. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49919
Nugraha, R. N., & Emanuel Jerubun. (2024). Peningkatan Kualitas Fasilitas Wisata Di Schmutzer Ragunan Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 262–296.
Nur, A., dan Simanjuntak, Sri intan. (2024). Jurnal Kajian Pariwisata dan Kebijakan Indonesia. 8(2).
Peranginangin, P. Ariyanto, S. (2023). Analisa Pengaruh Destination Image, Perceived Satisfaction, Service Quality, Price, Dan Experience Terhadap Revisit Intention Masyarakat Batam Ke Negara Tetangga Singapura Dan Malaysia. Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(4), 297–308.
Pramadanti, R. Studi Manajemen, P. (2023). Strategi membangun loyalitas merek: Pengaruh kualitas produk, perceived value, dan e-wom melalui mediasi kepercayaan merek. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 2579–9312.
Pratama, R., dan Adriyanto, A. T. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Studi pada Pelanggan di Bengkel Ravi Motor Juwana-Pati. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 241–250.
Premayani,N. (2024). Antenden yang Mempengaruhi Revisit Intention Wisatawan. 6(3), 683–693.
Purba, M. G. Aditya, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Customer Satisfaction dan Revisit Intention Pada Turis Danau Toba. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(3), 891–905.
Putra, R. S. Bakrie, U. (2023). Pengaruh Kualitas Website Terhadap E-Satisfaction, E-Trust Dan E-Loyalty Pengguna Website Tvonenews.Com Di Jakarta Timur. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3955–3974.
Putri, H. A. Berutu, M. B. (2024). Pemodelan Hubungan Antara Accessibility, Perceived Price, Facilities, Visitor Satisfaction, Dan Revisit Intention: Studi Kasus Taman Safari Cisarua Bogor. 2(3), 80–97.
Rismayadi, B. Anggela, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Mall Terhadap Kepuasan Pengunjung Pusat Perbelanjaan Mall Di Karawang. Buana Ilmu, 4(2), 204–233. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1136
Rohana, T. (2020). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28–32.
Sayekti, M. D., dan Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2511–2524. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2430
Septiana, V. Mashabi, N. A. (2023). Analisis Faktor Memorable Tourism Experience Di Desa Wisata Edukasi Cisaat. Jurnal Pendidikan Dan Perhotelan (JPP), 3(2), 58–64. https://doi.org/10.21009/jppv3i2.08
Sudarso, E. (2024). Pengaruh Customer Experience, Harga Dan Lokasi Terhadap Revisit Intention Pada Hotel Grand Mandarin Singkawang. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 22(1), 12. https://doi.org/10.51826/fokus.v22i1.1086
Suhartanto, D. Kusdibyo, L. (2020). Tourist experience with agritourism attractions: what leads to loyalty? Tourism Recreation Research, 45(3), 364–375. https://doi.org/10.1080/02508281.2020.1736251
Sulistio, L. (2024). Pengaruh Media Sosial , Citra Destinasi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Di Dunia Fantasi ( DUFAN ). 7.
Taraoktavia, V. , dan Indarwati, T. (2021). Pengaruh Experiential Marketing dan Zoo Image terhadap Revisit Intention dengan Experiential Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 940–953. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p940-953
Timotius, H., dan Nainggolan, B. M. (2023). Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata Ecopark Ancol. Journal Human Capital Development, 10(3), 1–15.
Wusko, A. U., & Auliyah, K. (2024). Pengaruh Destination Image Dan Customer Experience Terhadap Satisfaction Dan Revisit Intention Pada Taman Safari Indonesia Di Jatim (Survei Pada Pengunjung Taman Safari Indonesia Di Jatim). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(1), 208–220.
Yuningsih, E. Silaningsih, E. (2021). Analisis Experiential Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Pariwisata. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 319–340. https://doi.org/10.54259/mudima.v1i3.276
DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v9i1.11805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)
Editorial Office
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
jbksm@utu.ac.id
+6282165076974 l +6285277182682
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.