PENGARUH KINERJA PETUGAS TERMINAL SERVICE TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG

Andi Syaputra, Dyas Zuniarti

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah peningkatan jumlah penumpang dan adanya tuntutan peningkatan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh kinerja petugas Terminal Service secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang penumpang, mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja petugas Terminal Service terhadap kepuasan penumpang penumpang di Terminal A Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2019 sampai dengan 17 September 2019, di Terminal A Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi R square (R²). Kinerja diukur menggunakan 3 indikator yaitu, etos kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja. Berdasarkan hasil penelitian, nilai koefisien regresi pada penelitian ini bernilai positif (+) dan pengujian hipotesis menggunakan Uji t nilai signifikansi 0,000<0,05 dan diketahui nilai t hitung = 8,125 > t tabel = 1.98447, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung>t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti membuktikan bahwa Ada pengaruh yang nyata dan signifikan antara Kinerja Petugas Terminal Service (X) terhadap variabel Kepuasan Penumpang (Y) dan berdasarkan hasil penelitian nilai koefisien determinasi R square (R²), besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 40,8% sedangkan sisanya yaitu 59,2 % dipengaruhi oleh variabel yang lain


Full Text:

PDF

References


Arifin, M.Z. (2016). Kajian tingkat kepuasan penumpang dan kinerja pelayanan terminal penumpang domestik (t2) di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Yogyakarta: Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Akamavi, R. K., Mohamed, E., Pellmann, K., & Xu, Y. (2015). Key determinants of passenger loyalty in the low-cost airline business. Tourism Management. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2014.07.010

Eliyana, A., Ma’arif, S., & Muzakki. (2019). Job satisfaction and organizational commitment effect in the transformational leadership towards employee performance. European Research on Management and Business Economics. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2019.05.001

Ghozali, I. (2016). Statistik Non-Parametrik: Teori dan Aplikasi dengan Program SPSS. In Universitas Diponegoro. Semarang. https://doi.org/10.1002/14651858.CD002812

Hutchinson, D., Bogicevic, V., Yang, W., Bilgihan, A., & Bujisic, M. (2013). Airport service quality drivers of passenger satisfaction. Tourism Review. https://doi.org/10.1108/TR-09-2013-0047

Kianto, A., Sáenz, J., & Aramburu, N. (2017). Knowledge-based human resource management practices, intellectual capital and innovation. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.07.018

Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. In Marketing management.

Lai, W. T., & Chen, C. F. (2011). Behavioral intentions of public transit passengers-The roles of service quality, perceived value, satisfaction and involvement. Transport Policy. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2010.09.003

Lupiyoadi. (2014). pengaruh kualitas layanan,harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen.

Namukasa, J. (2013). The influence of airline service quality on passenger satisfaction and loyalty the case of Uganda airline industry. TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-11-2012-0092

Pak, K., Kooij, D. T. A. M., De Lange, A. H., & Van Veldhoven, M. J. P. M. (2019). Human Resource Management and the ability, motivation and opportunity to continue working: A review of quantitative studies. Human Resource Management Review. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2018.07.002

Santos, A. S., Reis Neto, M. T., & Verwaal, E. (2018). Does cultural capital matter for individual job performance? A large-scale survey of the impact of cultural, social and psychological capital on individual performance in Brazil. International Journal of Productivity and Performance Management. https://doi.org/10.1108/IJPPM-05-2017-0110

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.

P, Hari. (2016). Peranan Petugas Terminal Inspection pada perusahaan PT.Angkasa Pura I dalam menunjang pelayanan bagian sisi darat di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Tahun 2016. Yogyakarta: TA Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Wahyuni, A.M. (2017). Pengaruh pelayanan petugas Terminal Inspection Service terhadap kepuasan pengguna jasa di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi Periode Juli-Agustus 2017. Yogyakarta: Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.