MOTIF PEMANFAATAN LAYANAN MOBILE APPLICATION KAI ACCESS (Studi pada Pengguna Kereta Api Lokal/Jarak Dekat Di Stasiun Wonokromo Surabaya)

Anggun Amelia Puspita

Abstract


Abstrak

Kemajuan teknologi informasi mendorong PT KAI menciptakan mobile application KAI Access guna memberikan kemudahan layanan. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan motif pemanfaatan layanan dan juga tanggapan pada pengguna kereta api lokal. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Fokus penelitian ini adalah pemanfaatan layanan KAI Access oleh pengguna kereta api lokal di Stasiun Wonokromo Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua motif pemanfaatan, yaitu motif sebab dan tujuan. Pada motif sebab terdapat empat faktor pendorong, yaitu faktor antrian, kemudahan pembelian, kepercayaaan, dan ketepatan penyampaian informasi. Sementara pada motif tujuan, terdapat empat yaitu motif digitalisasi, efisiensi waktu dan biaya, keyamanan dan keamanan, dan paperless. Dalam persepsinya, penumpang mengaku puas dan kurang puas. Penumpang yang mengaku puas berpendapat bahwa aplikasi ini memberikan banyak kemudahan dalam pembelian tiket. Sedangkan penumpang yang mengaku kurang puas merupakan penumpang dengan rata-rata usia lanjut yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan teknologi baru.

Kata kunci: motif, pemanfaatan layanan, mobile application, KAI Access


Full Text:

PDF

References


Alase, Abayomi. 2017. Jurnal: The Interpretative Phenomenological Analysis (IPA): A Guide

to a Good Qualitative Reseach Approach. International Journal of Education and Literacy Studies, Vol. 5 No. 2, April 2017.

Bruce R. Maxim, Roger S. Pressman. 2014. Software Engineering: A Practicioner’s Approach (8 edition).

Eddles-Hirsch, Katrina. 2015. Jurnal: Phenomenology and Educational Research. International Journal of Advanced Research, 3(8).

Haryanto, Sindung. 2012. Spektrum Teori Sosial dari Klasik Hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ketigapuluh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Schutz, Alfred dalam John Wild dkk. 1967. The Phenomenology of the Social World. Illinois: Northon University Press.

Sobur, Alex. 2013. Filsafat Komunikasi Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Suprayogo, Imam, dan Tobroni, 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wirawan. 2013. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma. Jakarta: Kencana,




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.