Manajemen Strategi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk di tengah Masa Pandemi

Dera Setia Kristanti

Abstract


ABSTRAK

Adanya pandemi Covid-19 mendorong pemerintah Indonesia menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan kebijakan social distancing (menjaga jarak sosial dengan menghindari kerumuman) dan physical distancing (menjaga jarak antar sesama minimal 1,8 meter).  Dengan ditetapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia mengakibatkan berhentinya sebagian besar kegiatan perekonomian salah satunya di bidang penerbangan. Adanya PSBB menyebabkan penurunan penjualan tiket yang berakibat langsung pada kondisi keuangan perusahaan. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk salah satu perusahaan penerbangan yang mengalami penurunan operasional secara signifikan hingga 90%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja strategi yang dilakukan oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk bertahan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa dalam usaha bertahan di tengah masa pandemi Covid-19, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melakukan manajemen strategi antara lain melakukan negosiasi dengan lessor terkait pendanaan pembayaran sewa pesawat, meluncurkan aplikasi ‘KirimAja’ sebagai pengembangan layanan kargo udara, hingga melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan.

Kata Kunci :Covid-19; Manajemen Strategi; Penerbangan; PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

ABSTRACT

The Covid-19 has forced the Indonesia Goverment to implementing Large Scale Social Restrictions or PSSB with the social distancing policies ( keep social distance by avoided public place) and physical distancing ( keep stay away from other min 1,8 meter). With this approved Large Scale Social Restrictions or PSBB in few regions in indonesia it’s caused the stoped of few economic activity, one of them is the aviation field. PSSB has caused reduction in ticket sales who has bring direct to the financial company condition. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, one of the aviaton company, has reduction in operational significally until 90%. This research was conducted to determine how the strategy carried out by PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk to survive in this Covid-19 pandemic condition. This study uses a qualitative method with a case study approach. From the result of this study, it can be seen that in running it’s business, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbktakes strategy management such as negotiate with lessor aboutfunding payment of the airplane rent,  launched the “KirimAja” apps as service for freight use air cargo, and even with work termination to their employees.

Keyword: Covid-19; Strategy Management; Aviation;PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.