PENERAPAN PEMASARAN RELASIONAL DALAM PEMBELIAN SECARA ONLINE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS MEDAN AREA

Wan Rizca Amelia, Damrus Damrus Damrus

Abstract


Perusahaan yang mengikuti perkembangan teknologi informasi melakukan promosi produk dan jasa ya g di hasilkan menggunakan media internet melalui situs toko online. Situs Toko online yang merebak  saat ini memberikan kemudahan bagi konsumen untuk berbelanja kebutuhannya sehingga tidak perlu datang secara langsung. Sama halnya seperti Mahasiswa Manajemen  Universitas Medan  Area  dalam memenuhi kebutuhan dan keinginnanya, mereka menggunakan situs  toko online untuk berbelanja seperti buku, pakaian, dan produk lainnya. Riset ini bertujuan 1) mengenali hubungan variabel X terhadap variabel Y. Tipe riset ini merupakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Populasinya merupakan mahasiswa Manajemen Universitas Medan Area yang sudah melaksanakan pembelian secara online. Responden dalam penelitian ini berjumlah 93 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan merupakan accidental sampling. Tata cara pengumpulan informasi dicoba dengan wawancara, serta catatan persoalan. Tata cara analisis informasi dicoba dengan analisis regresi linier berganda. Hasil riset menampilkan bahwa Komitmen, empati, timbal balik serta keyakinan secara serempak bermakna positif serta relevan terhadap kepuasan pelanggan dalam pembelian secara online yang di tunjukkan dengan hasil uji F hitung > F tabel  sebesar 23.318 > 2,47, siginifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil pengujian secara parsial  (uji t)  menunjukkan bahwa berpengaruh positif dan signifikan untuk masing- masing variabel independen terhadap variabel dependen dengan hasil T hitung > T tabel. Variabel komitmen  -2,379 > -1,986, variabel empati 3,514 > 1,986, Variabel Umpan Balik  2,522 > 1,986,  variabel kepercayaan 4,772 > 1,986, Dan dengan nilai R Square sebesar 0,515. 

 

Kata kunci : Pemasaran Relasional, Komitmen, Empati, Timbal Balik, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

https://apjii.or.id/survei2019x/kirimlink

Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management : Fourteenth Edition, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Mukherjee, A., and P. Nath. 2003. A model of trust in online relationship banking. International journal of Bank Marketing. 21 (1). 5-15.

Sinulingga, Sukaria. 2013. Metode Penelitian. Edisi Ketiga. Medan : USU Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. CV Alvabeta, Bandung

Tandjung, J.Widodo. 2004. Marketing Management Pendekatan Pada Nilai – Nilai Pelanggan, Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Penerbit Bayumedia Publishing. Malang.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Zhang, X. Prybutok, V. R; Ryan, S., and Pavur, R. 2009. A Model of the Relationship among Consumer Trust, Web Design and User Attributes. Journal of Organizational and End User Computing. Vol. 21. No 2. Hal: 2 – 10.

Zolll. C & Enz. S. 2012. A Questionnaire to Assess Affective and Empathy in Children




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.