PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN MODEL AIDA BAGI ROTI BUND DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN

Bunga Ega Evania, Roni Kastaman, Totok Pujianto

Abstract


Salah satu teknologi internet yang sedang berkembang pesat yang sangat berpotensi untuk mendorong pemasaran usaha kecil menengah adalah media sosial. Roti Bund harus meningkatkan strategi pemasaran memanfaatkan  media sosial sehingga menarik minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial “Instagram” Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Roti Bund dan mengaplikasikan penggunaan media sosial dengan mengacu pada Model AIDA bagi Roti Bund. Penggunaan Model AIDA digunakan untuk membantu Roti Bund dalam memaksimalkan penggunaan media sosial, sehingga Roti Bund mampu lebih optimal memasarkan produk/jasa melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 59,6% minat beli konsumen benar-benar dikarenakan faktor attention, interest, desire dan action. variable attention berpengaruh paling dominan terhadap peningkatan minat beli konsumen. jadi pada penggunaan instagram yang harus dioptimalkan adalah pada variabel attention terlebih dahulu yaitu adalah postingan produk yang diposting harus menggunakan visualisasi yang berkualitas, jujur dan bisa diandalkan dalam penggunaan gambar dan captionnya dan harus memiliki keuninakan yang membedakan postingan roti bund dengan postingan perusahaan lain, caption juga harus mampu membangkitkan keinginan untuk mengetahui lebih dalam mengenai produk tersebut contohnya dengan menjelaskan manfaat produk.

 

Kata kunci: media social, AIDA, Instagram, minat beli konsumen


Full Text:

PDF

References


Djarwanto, P. ., & Pangestu, S. (1998). Statistik Induktif (1st ed.). BPFE.

Kementrian Perindustrian. (2019). Industri Pengolahan Kopi Semakin Prospektif.

Nugroho, B. A. (2005). Strategi jitu memilih metode statistik penelitian dengan SPSS. Andi.

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. PT Alfabet.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Zimmerman, J. (n.d.). Tony_Silvia,_Terry_Anzur_Power_Performance_Multimedia_Storytelling_for_Journalism_and_Public_Relations__2011.pdf.




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i2.3893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.