Pengaruh Soft Selling dalam Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian

Ina Syarifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh soft selling dan celebrity endorse terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Sampel penelitian adal 100 orang yang mengikuti akun online shop dan public figure yang membuka jasa endorsment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis judgemental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan alat analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soft selling memiliki pengaruh positif signifikan terhadap celebrity endorse, soft selling memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan celebrity endorse berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Faizaty, N. E., & Laili, R. (2021). Dampak Softselling Dalam Digital Marketing Pada Pengambilan Keputusan Pembelian (Studi Pada Platform Grup Facebook Jago Jualan). Jimek: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4(1).

Ferdinand, A. (2005). Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister Dan Disertasi Doktor (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. J., Hult, G. T. ., Ringle, C. M. ., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (SAGE. (ed.); 2nd ed.).

Isfahami, M. M., Hurriyati, R., & Dewi Dirgantar, P. (2021). Pengaruh Brand Trust dan Celebrity Endorse terhadap Keputusan Pembelian Konsume. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 17(2).

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity. New Jer: Pearson Education.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. PT RajaGrafindo Persada.

Kotler, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management Fifteenth Edition (15th editi). New Jer: Pearson Education.

Kuhu, T. T., Tumbel, A. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di Sang Pisang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3)(3), 2801–2810.

Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 3(1), 61–76.

Pasharibu, Y., Soerijanto, J., & Jie, F. (2020). Intention to Buy, Interactive Marketing, and Online Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23, 339–356.

Wulandari, N., & Nurcahya, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(11), 3909–3935.

Yusuf, K. K., & Pradekso, T. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan dan Terpaan Konten Celebrity Endorsement Terhadap Minat Menggunakan Jasa Go-Food (Melalui Brand Attitude). Interaksi Online, 9(3), 217–229.




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v6i1.5247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.