PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI SUMATERA SELATAN

Yusma Yana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan yang populasi nya berjumlah 89 orang. Metode pengambilan pada penelitian ini menggunakan metode sampling puposive yang artinya teknik penentuan sampel dengan dengan pertimbangan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini sampel yang diambil yaitu berdasarkan jumlah pegawai (pns) di badan narkotika nasional provinsi sumatera selatan yaitu berjumlah 49  orang yang menjadi sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis determinasi, uji hipotesis t dan uji hipotesis F dengan bantuan SPSS 21 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan ada pengaruh yang sifnifikan antara Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai di Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini dapat dilihat dari dari uji t variabel pendidikan yaitu 0,002<0,05 dan variabel Pelatihan 0,004<0,05. Berdasarkan uji F yaitu 0,000<0,05 yang artinya seluruh variabel independen secara bersamaan berpengaruh terhadap variabel dependen.


Full Text:

PDF

References


Atika, K., & Mafra, N. U. (2020). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PIN (Persero) Pelaksanaan Pembangkit Bukit Asam Tanjung Enim. Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pgri Palembang, 17, 358.

Busro, D., & Rismansyah . (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional Terhadap Kinerja Kualitas Kerja Pegawai Yayasan Sinergi Sriwijaya Peduli Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Investasi.

Firdaus , & Norawati , S. (2020). Peran Motivasi Sebagai Pemoderasi Pada Korelasi Kinerja Karyawan . Indramayu Jawa Barat : CV Adanu Abimata.

Hadjri , M. I., & Perizade, B. (2018). Pengaruh pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bank Sumsel Babel Syariah. Manajemen dan Bisnis Sriwijaya.

Kurbani. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Pendidikan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Indo Skin Jaya Utama Palembang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang .

Nasrullah , M., & Kamrida , A. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan . Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup . Depok : Kencana.

Priyatno , D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa Dan Umum . Yogyakarta: Anggota Ikapi.

Rismansyah . (2011). Pengaruh Perubahan Perilaku Individu dan Karakteristik Kepribadian Terhadap Kinerja Pegawai Pada Universitas PGRI Palembang . Jurnal Media Wahana Ekonomika.

Rismansyah (2020) - Pengaruh Kepribadian dan Kompetensi Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Divisi SDM PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang (Persero). Jurnal Manajemen dan Investasi

Sartika, D. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang .

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sihombing, S., Gultom, S., & Sidjabat, S. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. IN Media.

Sinambela , L. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: PT Bumi Aksara .

Siregar, S., & Hutari, F. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantittif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudarmanto , E., & dkk. (2021). Sistem Pengendalian Internal . Yayasan Kita Menulis.

Sudaryo, Y., Ariwibowo, A., & Sofiati, N. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung Dan Lingkungan Kerja Fisik . Yogyakarta: Anggota Ikapi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Telaumbanua , A. (2019). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja pegawai Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Nias Utara. Akuntansi Dan Manajemen Pembnas, 5, 4.

UPGRIP, F. (2022). Pedoman Penulisan Skripsi FEB Universitas PGRI Palembang TA 2021/2022.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT.RAJAGRAFINDO PERSADA.

Widodo, S. E. (2018). Manajemen Pelatihan . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yulianti, E. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Grand Fatma Hotel Di Tenggarong Kutai Kartanegara. ejournal administrasi bisnis .




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v6i2.5941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.